Tak Terlihat Tapi Berpengaruh Pada Performa Mesin, Inilah 7 Fungsi Pada Busi Motor,

Tak Terlihat Tapi Berpengaruh Pada Performa Mesin, Inilah 7 Fungsi Pada Busi Motor,

Busi motor adalah salah satu komponen penting dalam mesin pembakaran dalam-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu komponen mesin yang memiliki peran krusial dalam kinerja motor adalah busi. busi motor adalah salah satu komponen penting dalam mesin pembakaran dalam. 

Busi terletak di bagian atas kepala silinder mesin, dan tugas utamanya adalah menghasilkan loncatan api listrik yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. Busi motor memiliki fungsi yang tak terlihat secara langsung, tetapi sangat berpengaruh pada performa mesin. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara lengkap dan detail mengenai fungsi busi motor dan mengapa memahaminya adalah hal yang penting untuk pemilik motor.

Busi terdiri dari beberapa komponen, termasuk elektroda pusat, elektroda tepi, isolator, dan cangkang. Saat mesin dinyalakan, busi akan menciptakan loncatan api listrik di antara elektroda pusat dan elektroda tepi, yang kemudian akan membakar campuran bahan bakar dan udara. Inilah yang memicu pembakaran dalam mesin.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

Fungsi Busi Motor

Fungsi utama busi motor adalah menciptakan loncatan api listrik untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Namun, peran busi dalam kinerja mesin tidak hanya sebatas itu. Berikut adalah beberapa fungsi utama busi motor. 

1. Mengoptimalkan Akselerasi dan Tenaga Mesin

Busi motor yang tepat juga dapat memperbaiki akselerasi dan tenaga mesin. Saat campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan sempurna, ini akan menghasilkan daya yang lebih besar dan memberikan akselerasi yang lebih baik pada kendaraan.

2. Membantu Kendaraan Dihidupkan

Busi motor juga berperan dalam membantu kendaraan dihidupkan. Ketika kendaraan dihidupkan, busi akan menghasilkan bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Busi yang baik akan membuat mesin bisa dinyalakan dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA:Minuman Ini Ampuh Lawan Sel Kanker, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

3. Mengurangi Emisi Gas Buang

Busi motor juga memiliki peran dalam mengurangi emisi gas buang. Dengan pembakaran yang efisien, busi dapat membantu mengurangi jumlah emisi gas berbahaya yang dihasilkan oleh mesin motor. Ini penting untuk menjaga kualitas udara dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: