‘Bos Kecil’ Paling Stres

‘Bos Kecil’ Paling Stres

\"stress\"MANAJER level menengah alias bos kecil berpotensi mengalami stres paling tinggi dibandingkan dengan-bos mereka atau dibandingkan dengan bawahannya.

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan para periset dari Universitas Manchester dan Universitas Liverpool menemukan bahwa mereka yang berada dalam hirarki tengah di sebuah perusahaan, menderita stress yang paling hebat akibat konflik sosial.

Seperti yang dilansir laman The Indian Express, Rabu ( 3/4 ), Katie Edwards dari Liverpool Institut Biologi Integrative menghabiskan hampir 600 jam menonton perilaku kera betina Barbary di Trentham Monkey Forest di Staffordshire.

\"Apa yang kami temukan adalah bahwa monyet yang berada di hirarki menengah terlibat konflik dengan monyet yang berada satu hirarki di atas maupun di bawahnya. Sedangkan moneyt yang bearda di hirarki terbawah cenderu ng menjauhkan diri dari konflik,\" kata Dr Susanne Shultz, peneliti dari Royal Society University di University of Manchester .

Edwards mengatakan hasil penelitian ini juga bisa diterapkan pada perilaku manusia. \"Orang yang bekerja di manajemen menengah mungkin memiliki tingkat stres yang lebih tinggi  dengan bos mereka atau bawahan mereka,\" katanya. (fan/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: