Ini Dia Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Ini Dia Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat dibagi menjadi 2 kategori, yakni makronutrien dan mikronutrien. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menu diet sehat merupakan daftar makanan dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap hari. Menu makanan ini tidak hanya dikhususkan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga untuk semua orang yang ingin menjalani pola hidup sehat.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, menu diet sehat harus mengandung beragam nutrisi esensial yang diperlukan tubuh. Nutrisi esensial adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Menyimpan Telur yang Baik dan Benar

Nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat dibagi menjadi 2 kategori, yakni makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar untuk memberikan energi bagi tubuh, contohnya karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara itu, mikronutrien adalah zat gizi yang menunjang kinerja tubuh dan boleh dikonsumsi secukupnya, contohnya vitamin dan mineral.

Daftar Nutrisi yang Wajib Ada dalam Menu Diet Sehat

Untuk mendukung kinerjanya, tubuh perlu diberi asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral, serta air putih setiap hari. Mengapa zat tersebut begitu penting untuk tubuh? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Karbohidrat

Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Otak juga dapat bekerja maksimal jika mendapat asupan ini secara cukup. Contoh karbohidrat yang baik adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, beberapa jenis buah dan sayuran, serta kacang-kacangan. Sementara itu, konsumsi karbohidrat yang harus Anda batasi antara lain adalah nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue-kue yang manis.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Madu Manuka yang Wajib Dicoba

2. Protein

Zat ini juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Asupan protein yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Protein dapat ditemui pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.

3. Lemak

Makanan berlemak tidak selalu harus dihindari. Tubuh butuh asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, membantu produksi hormon, dan membantu penyerapan vitamin. Meski begitu, Anda harus tahu batasan dalam mengonsumsi makanan berlemak agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan, serta tidak meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Anda dapat memilih makanan berlemak baik, seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, atau minyak zaitun. Namun, batasi makanan berlemak, seperti piza, burger, sosis, dan makanan cepat saji, karena tinggi akan lemak jenuh.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: