Selain Sensasi Dingin dan Menyegarkan, Ada Banyak Manfaat daun mint untuk kesehatan

Selain Sensasi Dingin dan Menyegarkan, Ada Banyak Manfaat daun mint untuk kesehatan

Aroma daun mint yang menyegarkan dipercaya dapat mengatasi kelelahan dan membuat Anda terjaga.--

Kapsul minyak daun mint diketahui efektif dalam meredakan keluhan akibat gangguan pencernaan, seperti mual, gas berlebih, dan perut kembung. Lebih jauh lagi, minyak daun mint bahkan dapat meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS), yaitu gangguan kronis yang menyerang usus besar.Manfaat daun mint, baik dari minyak maupun teh, ini diperoleh dari efek relaksasi pada otot, termasuk otot saluran cerna.

4. Meredakan sakit kepala

Daun mint mengandung senyawa aktif menthol yang dipercaya dapat meredakan sakit kepala akibat migrain maupun sakit kepala tegang. Kandungan menthol dalam daun mint akan meningkatkan aliran darah dan memberikan sensasi dingin. Kedua manfaat inilah yang diyakini dapat mengurangi sakit kepala.Manfaat daun mint yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan minyak daun mint di dahi atau pelipis.

BACA JUGA:Ikan Nila Dipercaya bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Otak

5. Meningkatkan konsentrasi

Mengonsumsi daun mint utuh atau menghirup aroma minyak daun mint dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak, terutama dalam berkonsentrasi dan mengingat. Selain itu, manfaat daun mint juga berpotensi untuk mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas daun mint ini.

6. Melegakan hidung tersumbat

Efek antivirus, antibakteri, dan antiperadangan yang dimiliki oleh daunt mint dapat melawan virus penyebab flu dan hidung tersumbat. Selain itu, sensasi menthol menyegarkan dalam daun mint juga dapat melegakan pernapasan.

7. Mengurangi kekambuhan alergi

Daun mint mengandung asam rosmanirik yang diketahui dapat mengurangi gejala reaksi alergi, seperti hidung berair, mata gatal, dan asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen maupun ekstrak daun mint berfungsi untuk menurunkan kekambuhan alergi.

BACA JUGA:Menilik Beragam Manfaat Ikan Sarden yang Perlu Diketahui

8. Menekan nafsu makan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kapsul minyak daun mint berfungsi untuk menekan nafsu makan. Selain itu, teh daun mint juga tidak mengandung kalori, sehingga bisa menjadi alternatif minuman selama Anda menjalani program penurunan berat badan.

9. Mengurangi sakit perut

Minyak daun mint dapat membantu mengurangi sakit perut dengan merelaksasi otot perut. Tak hanya itu, daun mint bahkan diduga dapat meredakan mual dan muntah akibat menjalani prosedur kemoterapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: