Tips Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar, Lakukan Hal Ini

Tips Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar, Lakukan Hal Ini

Tips merawat ikan koi agar cepat besar-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang perawatannya relatif mudah. Mereka bisa bertahan hidup di kolam tanpa bantuan oksigen tambahan, dan pakannya mudah ditemukan di penjual ikan hias

Ikan koi juga dikenal sebagai ikan hias yang pandai menyesuaikan diri dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Meskipun perawatannya cukup mudah, sering kali para pemelihara koi mengeluhkan bahwa ikan peliharaan mereka tidak tumbuh besar meski sudah diberi pakan yang cukup dan dipelihara dengan benar di dalam kolam. Biasanya, koi lokal yang besar memiliki ukuran antara 50 hingga 60 cm.

BACA JUGA:Kunci Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias

BACA JUGA:Tips Memulai Budidaya Ikan Hias Bagi Pemula, Perhatikan 8 Langkah Ini

Namun, tidak semua koi lambat dalam pertumbuhannya dan tidak bisa tumbuh besar. Tingkat kecepatan pertumbuhan tubuh koi sangat dipengaruhi oleh faktor genetika yang diwariskan dari induknya, selain dari mutu pakan dan proses pemeliharaannya.

Untuk membuat ikan koi cepat besar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Kualitas Air Kolam

Untuk menjaga kebersihannya, lakukan pembersihan kolam ikan koi setidaknya sekali seminggu. Jika air kolam dibiarkan keruh, ikan koi bisa menjadi lemas dan tidak sehat. Pastikan air kolam bebas dari kandungan klorin yang biasanya terdapat dalam air olahan.

2. Makanan

Jika Anda ingin ikan koi cepat tumbuh besar, pilihlah pakan yang mengandung zat-zat esensial untuk pertumbuhan koi. Ikan koi memerlukan makanan yang tinggi protein untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya. 

Salah satu pakan yang baik adalah ulat, yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi protein ikan koi, sehingga membantu mereka tumbuh lebih cepat.

Agar pemberian pakan efektif diserap oleh tubuh koi dan mendukung pertumbuhan yang optimal, berikan pakan secukupnya, yaitu sekitar 2% dari berat tubuhnya per hari.

BACA JUGA:Tips Memilih Pakan Terbaik untuk Ikan Hias

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: