Usia Ke-21 Tahun, Kaur Semakin Maju dan Sejahtera

Usia Ke-21 Tahun, Kaur Semakin Maju dan Sejahtera

UPACARA: Bupati Kaur didampingi Wabup, Kepala FKPD dan para tamu undangan saat melakukan pemotongan nasi tumpeng pada peringatan upacara HUT Kabupaten Kaur Ke-21 dan dilanjutkan foto bersama, Kamis 23 Mei 2024-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kabupaten Kaur merayakan hari jadi ke-21. Pada hari yang bersejarah ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kaur melaksanakan upacara bendera, bertempat di lapangan merdeka Kota Bintuhan, Kamis 23 Mei 2024. Upacara dipimpin oleh Dandim 0408/BS-Kaur Letkol CZI Bambang Santoso SH.

Dalam pidatonya, Dandim yang membacakan sambutan Bupati Kaur H Lismidianto SH MH  itu. Ia menyampaikan harapannya agar pembangunan di Kaur terus berkembang, maju dan masyarakatnya semakin sejahtera seiring bertambahnya usia kabupaten ini.

“Tentu harapan kita di usia ke-21 ini, Kaur  makin unggul, maju dan sejahtera, sehingga mampu bersaing dengan daerah lain,”harap Dandim dalam sambutannya, Kamis 23 Mei 2024.

Disampaikannya, dimana capaian pembangunan di Kabupaten Kaur meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dapat dilihat dari perkembangan jumlah PDRB, pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka kemiskinan. PDRB Kabupaten Kaur atas dasar harga berlaku pada tahun 2021 adalah sebesar 3,90 triliun, meningkat di tahun 2022 menjadi 4,22 triliun dan terus meningkat pada tahun 2023 menjadi sebesar 4,54 triliun.

BACA JUGA:Bupati Kaur Lepas Paskibraka Paskibraka Kaur, Harap Lolos Tingkat Nasional

Juga kualitas kehidupan manusia di Kabupaten Kaur juga terus membaik, hal ini terlihat dengan meningkatnya IPM yang sudah masuk dalam kategori sedang. Dari angka IPM di tahun 2021 yaitu 69,71 meningkat menjadi 70,30 di tahun 2022 dan terus meningkat di tahun 2023 menjadi 70,92.

“Juga pada aspek kesejahteraan masyarakat, kita berhasil menurunkan persentase jumlah penduduk miskin, dari 18,10 persen di tahun 2022 menjadi 17,83 persen pada tahun 2023,”sampainya.

Ditambahkan, perjalanan waktu, di usia 21 tahun ini tentunya bukan waktu yang singkat, 21 tahun merupakan usia yang cukup matang dan dewasa untuk sebuah daerah otonomi yang telah melewati berbagai situasi dan keadaan. Oleh karena itu, dalam menyambut hut yang ke-21 ini, kita mengangkat tema "Terus Berkarya Untuk Kabupaten Kaur Yang Lebih Baik, Unggul, Maju, Dan Sejahtera".

“Tentunya capaian-capaian pembangunan tentu masih harus tetap ditingkatkan lagi. Dimana permasalahan-permasalahan seperti angka kemiskinan, jumlah kasus stunting, jumlah pengangguran dan keterbatasan infrastruktur dasar masih menjadi isu strategis dalam pembangunan Kabupaten Kaur dan ini ini tentu membutuhkan sebuah terobosan,”tutupnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Nandar Munadi SSos Msi yang hadir dalam puncak HUT Ke-21 Kabupaten Kaur, ia juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Kaur yang ke-21, semoga Kaur makin unggul, maju dan sejahtera.  Dimana pemerintah Provinsi Bengkulu berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan di Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke-21, Pemkab Kaur Gelar Turnamen Bola Voli Bupati Cup 2024, Bupati: Mari Junjung Tinggi Sportifita

“Kami akan terus memberikan bantuan, dukungan dan arahan yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Kaur,”sampainya.

Ditambahkannya, dimana seiring dengan bertambahnya usia Kabupaten Kaur telah menunjukan kemajuan yang signifikan dalam berbagai sektor pembangunan. Namun kita sadar bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi dan pekerjaan harus dilakukan.

“Oleh karena itu saya mengajak semua untuk terus bahu-membahu dan menghadapi setiap tantangan dengan semangat kebersamaan yang optimisme,”tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: