6 Fungsi Bumper Mobil yang Lebih dari Sekedar Aksesoris

6 Fungsi Bumper Mobil yang Lebih dari Sekedar Aksesoris

Bumper mobil adalah salah satu komponen penting yang umumnya dipasang di bagian depan atau belakang kendaraan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki desain dan bentuk yang unik, fungsi bumper mobil tidak sebatas untuk tampilan visual saja. bumper juga menjadi salah satu komponen pelindung yang signifikan untuk mobil atau penumpang.

Bumper mobil adalah salah satu komponen penting yang umumnya dipasang di bagian depan atau belakang kendaraan. Namun, seringkali juga ditempatkan pada titik-titik ekstrim kendaraan baik itu di bagian depan maupun bagian belakang.

Desain dan penempatan bumper sendiri sangat bergantung pada ide desain dari pembuat mobil. Secara visual, bumper akan menyatu dengan desain keseluruhan kendaraan sehingga menciptakan kesan stylish, elegan, dan modern. 

hal tersebutlah yang akhirnya membuat banyak orang menganggap bumper hanya sebatas elemen dekoratif semata, padahal perannya lebih dari itu. 

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Pada kenyataannya, bumper mobil memiliki fungsi atau peran sekunder yang sangat penting, khususnya dalam aspek keselamatan pejalan kaki.

Fungsi Bumper Mobil

Bumper yang terbagi menjadi bumper mobil depan dan bumper mobil belakang ini memiliki berbagai fungsi tambahan yang tidak kalah penting. Lantas, apa saja fungsi bumper mobil? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

1. Peredam Benturan

Ketika terjadi insiden tabrakan, umumnya bagian mobil yang pertama kali terkena dampak adalah bagian depan maupun belakang. Nah, bumper inilah yang berfungsi untuk meredam benturan atau hantaman dengan cara menyerap energi kinetik yang dihasilkan dari benturan tersebut.

Energi yang diserap oleh bumper diteruskan ke crumple zone. Crumple zone ini adalah area yang dirancang khusus untuk mengurangi dampak benturan secara maksimal.

Dengan kehadiran bumper yang dilengkapi dengan bantalan karet inilah yang dapat membantu meminimalkan resiko cedera parah ketika kecelakaan tak terduga terjadi sewaktu-waktu.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi Fitur Yamaha Fazzio, Skuter Keren Nyaman Dipakai Sehari-hari

2. Meminimalisir Kecelakaan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: