Bupati Diminta Sampaikan LKPj

Bupati Diminta Sampaikan LKPj

\"MaydaTUBEI,BE – Tahun anggaran 2012 telah berakhir selama 4 bulan. Namun, hingga kini Pemkab Lebong belum menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir tahun kepada DPRD, maupun menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat melalui media massa. Hal ini Diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Lebong Affan Jauhari SE.

Menurut Affan, LKPJ dan LPPD akhir tahun anggaran seharusnya disampaikan oleh pemerintah daerah paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.  Itu sesuai yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan Pemerintah daerah kepada Pemerintah, LKPJ kepada DPRD dan informasi LPPD kepada masyarakat.

\"Kita mengingatkan agar Pemda Lebong untuk segera menyampaikan LKPJ kepada DPRD dan LPPD kepada masyarakat karena hal ini sudah disyaratkan dalam PP No 3 tahun 2007. Seharusnya LKPJ ini disampaikan paling lambat pada bulan maret namun hingga bulan april ternyata belum juga di sampaikan. Terkait hal ini kita mendesak agar bupati dapat segera menyampaikan LKPJ tersebut,\" kata Affan.

Ditambahkannya, masih berdasarkan PP no 3 tahun 2007, LKPJ tersebut berisi Urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. Di dalam pasal 18 disebutkan, LKPJ berisi tentang arah kebijakan umum pemerintah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Pemkan dianggap salah kaprah, kata Affan, jika menunggu laporan hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPKP baru menyampaikan LKPJ. Karena LHP BPKP dipergunakan untuk nota perhitungan tahun anggaran sebelumnya.

Terpisah Ketua Badan Legeslasi DPRD Lebong Ir Mayda Yanti menambahkan, sebelumnya Banleg telah menjadwalkan untuk paripurna LKPJ namun pemerintah daerah menyatakan belum siap untuk menyampaikannya sehingga paripurna tersebut tertunda. \"Surat dari DPRD agar pemerintah daerah segera menyampaikan LKPJ ini sudah disampaikan,” kata politisi wanita PKS itu.  (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: