Kekurangan 1.890 PNS

Kekurangan 1.890 PNS

TUBEI,BE - Pemkab Lebong hingga saat ini masih kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk ditempatkan di berbagai instansi dan mengisi posisi eselon II, III dan IV yang lowong. Kekurangan tersebut sekitar 1.890 orang, sebab saat ini Kabupaten Lebong baru memiliki PNS sebanyak 3.110 PNS.

Idealnya kebutuhan PNS di Kabupaten Lebong yakni sebanyak 5000 PNS. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong HM Ali Hadi SH kepada wartawan beberapa waktu lalu. \"Hingga saat ini, Pemkab Lebong masih kekurangan PNS yang akan ditempatkan di berbagai instansi. Sebab, Kabupaten Lebong yang memiliki 13 Kecamatan ini dealnya untuk kebutuhan PNS sebanyak 5000 PNS, sedangkan jumlah PNS kita saat ini sebanyak 3110 PNS,\" jelas Ali.

Kondisi kurangnya jumlah PNS di Kabupaten Lebong itu, diharapkan dapat diakomodir pada penerimaan CPNS tahun 2013 ini. Oleh karena itu, dirinya berharap tahun ini Pemerintah pusat bisa memberikan jatah kuota pelamar umum sesuai kebutuhan yang diusulkan oleh BKD Lebong. Sebab berdasarkan hasil analisis jabatan yang dilakukan Bagian Organisasi Setda Lebong dan BKD Lebong, ternyata pemkab masih kekurangan 1.890 orang pegawai.

\"Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah pada prinsipnya saat ini jumlah dinas masih belum memenuhi karena masih banyak Dinas Instansi yang digabung seperti Dinas Sosial Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Dinas Koperasi, UKM dan Perindag dan inas Lainnya. Untuk itu kita harapkan Pemerintah Pusat bisa memberikan kuota PNS sesuai dengan yang kita ajukan,\" kata Ali.

Sementara itu, untuk usulan jumlah kuota yang disampaikan ke BKN Pusat mencapai 906 CPNSD. Kuota yang diusulkan mulai dari formasi SMP, SMA hingga kuota untuk formasi S1 dan S2. Untuk formasi SMP diperlukan memenuhi kebutuhan penjaga sekolah, pengantar surat, penjaga kantor dan lainnya.

\"Sedangkan untuk formasi SMA sendiri, kita usulkan untuk memenuhi kebutuhan sopir kepala dinas, anggota satpol PP, anggota Polhut dan sebagai petugas administrasi umum. Mudah-mudahan usulan kuota yang kita usulkan bisa diterima oleh BKN pusat,\" ucap Ali. (777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: