Tips Menghindari 11 Penyakit yang Sering Menyerang Bebek

Tips Menghindari 11 Penyakit yang Sering Menyerang Bebek

Tips Agar Bebek terhindar dari berbagai penyakit-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam usaha beternak bebek, pencegahan terhadap penyakit menjadi suatu kewajiban yang tak terhindarkan. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari beternak.

Berbagai cara pencegahan telah diterapkan dalam peternakan bebek yang berkualitas. Ini mencakup upaya menjaga kesehatan bebek, menjaga kebersihan lingkungan peternakan, dan melakukan vaksinasi terhadap penyakit tertentu yang sulit untuk diobati.

Penyakit Bebek terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Tidak menular dan  

2. Menular 

Berikut adalah penjelasan tentang beberapa penyakit yang dapat menyerang bebek dan solusinya :

BACA JUGA:Tips Memulai Ternak Bebek Petelur

BACA JUGA:Tips Sukses dan Dapatkan Omset Tinggi, Ini 5 Cara Ternak Entok

A. Penyakit Tidak Menular Pada Bebek

Penyakit tidak menular pada bebek sering disebabkan oleh kurangnya manajemen pemeliharaan yang baik, seperti keracunan makanan, kondisi kebersihan kandang yang buruk, serta defisiensi vitamin dan mineral.

Diantaranya :

1. Stress

Stress pada bebek dapat dipicu oleh berbagai gangguan lingkungan yang langsung memengaruhi fisiologi tubuhnya, seperti kebisingan dan keterbatasan dalam aktivitas di sekitar air. 

Meskipun belum ada obat khusus untuk menangani stres pada bebek, peternak dapat mengurangi risiko stres dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memastikan kondisi pemeliharaan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: