Bisa Awet Seminggu, Berikut 6 Jenis Sayuran yang Bisa Disimpan Tanpa Kulkas

Bisa Awet Seminggu, Berikut 6 Jenis Sayuran yang Bisa Disimpan Tanpa Kulkas

Sayur tidak bisa tahan lama atau cepat mengalami pembusukan jika tidak disimpan dalam kulkas. -Pinterest -

3. Buncis

Buncis menjadi salah satu alternatif sayur pilihan yang tidak harus disimpan di dalam kulkas. Buncis bisa tahan lama di suhu ruang, akan tetapi sebelum menyimpan buncis alangkah baiknya untuk membuang serat di pinggirnya.

Setelah itu, buncis disimpan di wadah kedap udara atau plastik. Kemudian letakkan di tempat yang memiliki suhu ruang.

BACA JUGA:Manfaat Buah Goji Berry bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

4. Kol dan Sawi

Kol dan sawi juga merupakan sayuran yang bisa awet tanpa kulkas untuk waktu yang lebih singkat. Jika Anda membeli kol dan sawi dalam bentuk bonggol, sebaiknya jangan dipotong terlebih dahulu jika Anda belum benar-benar ingin mengolahnya.

5. Tomat

Mengesampingkan kriteria sebagai sayur-sayuran yang memiliki banyak air, tomat menjadi salah satu sayuran yang bisa awet tanpa kulkas. Sayur ini lebih cocok jika disimpan di suhu ruangan, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat.

Anda bisa meletakkan tomat di baskom atau keranjang yang dibalut dengan koran. Tips lainnya, belilah tomat dalam keadaan yang masih hijau sehingga jika ingin dimakan, tomat sudah siap dan matang.

BACA JUGA:Selain Lezat dan Bergizi, Jenis Buah Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

6. Mentimun

Terakhir ada mentimun atau yang akrab disebut dengan timun. Kulit keringnya membuat sayuran ini bisa awet sekalipun tanpa kulkas. Meskipun begitu, pastikan timun tidak dipotong terlebih dahulu saat disimpan, harus dalam keadaan utuh.

Sebagai alternatif agar timun lebih awet, Anda juga dapat mengolah timun menjadi acar supaya lebih mudah ketika ingin dikonsumsi.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang bisa disimpan tanpa kulkas. Namun Pperlu diingat, bahwa semua bahan makanan memiliki masa kadaluarsa atau layak makannya. Sayuran yang sudah di sebutkan di atas memiliki ketahanan tergantung pada cara dan suhu penyimpanan yakni berkisar 1 hingga 7 hari masa penyimpanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: