Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Obati Batu Ginjal, Inilah Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Obati Batu Ginjal, Inilah Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Labu siam adalah sayuran yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun, dan labu kuning-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi karena banyak manfaat yang dikandungnya adalah labu siam. Siapa yang tidak tahu labu siam? labu siam adalah sejenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Labu siam memiliki bentuk seperti buah pear, namun memiliki warna hijau. Beberapa penelitian menemukan jika labu siam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Labu siam adalah sayuran yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun, dan labu kuning. Nama ilmiah untuk labu siam adalah Sechium Edule. 

BACA JUGA:Hati-hati, Terlalu Tinggi Asupan Ini, Bisa Menyebabkan Mata Katarak, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh tak heran jika labu siam dikenal dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Untuk tahun informasi lebih lengkapnya, yuk cari tahu jawabannya dalam artikel ini. 

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapat dengan mengkonsumsi labu siam:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam hampir seperti lapu pada umumnya, yakni merupakan sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. 

Selain itu, seperti dapat dilihat dalam table kandungan nutrisi di atas, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. 

Sehingga, dari faktor-faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang recommended bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Solusi Perawatan Wajah Alami, Ini Dia 5 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Wajah

  • Sumber Stamina

Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

  • Mencegah Sembelit

Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

  • Sebagai Sumber Antioksidan

Labu siam mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan salah satu anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, anda akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: