Tak Perlu Panik! Ini 14 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Tak Perlu Panik! Ini 14 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Cara mempercepat datang bulan pun sangat beragam dan memiliki efek yang berbeda-beda di setiap wanita. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biasanya wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. Namun, masih banyak wanita yang mengalami telat menstruasi. Maka, cara mengatasi telat datang bulan bisa menjadi solusi terbaik saat si tamu bulanan belum datang juga.

Bagi Kamu yang aktif secara seksual, tidak menutup kemungkinan jika telat datang bulan bisa mengindikasikan kehamilan. Tidak hanya kehamilan, telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti hormon atau perubahan gaya hidup.

BACA JUGA:Selain Rasanya yang Manis, Ini Dia Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan

Cara mempercepat datang bulan pun sangat beragam dan memiliki efek yang berbeda-beda di setiap wanita. Jadi, artikel ini dapat menjadi tips mengatasi telat datang bulan dengan berbagai cara yang aman dan manjur bagi Kamu. Bagi Kamu yang sedang mencari cara mengatasi telat datang bulan, intip, yuk, 14 cara di bawah ini.

1. Kompres Perut dengan Air Hangat
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres bagian perut dengan air hangat atau berendam di air hangat. Lakukan hal ini sesering mungkin. Selain membuat rileks tubuh dan menghilangkan stres, air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah ke rahim sehingga hal ini dapat mempercepat haid atau mengatasi telat datang bulan.

2. Minum Jamu Kunyit
Jamu kunyit dipercaya dapat mengatasi telat datang bulan. Hal ini dikarenakan kunyit dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron di tubuh. Namun, belum ada penelitian yang memastikan cara ini benar-benar akurat.

BACA JUGA:Daun Patikan Kebo Ternyata Punya Manfaat Sangat Baik untuk Kesehatan

3. Berhubungan Seksual
Siapa sangka bahwa aktivitas seksual dapat menjadi cara mengatasi telat datang bulan. Berhubungan seksual secara teratur juga dapat menghilangkan stres dan membuat peredarah darah menjadi lancar. Selain itu, saat mengalami orgasme dalam berhubungan, hal ini akan mengakibatkan leher rahim melebar sehingga darah haid akan tertarik untuk turun.

4. Mengonsumsi Vitamin C
Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah melancarkan menstruasi. Kamu dapat mencoba beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti brokoli, jeruk, tomat, buah beri, dan masih banyak lagi. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron di tubuh yang mengakibatkan terjadinya menstruasi. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini benar-benar akurat.

BACA JUGA:Lepas Ratusan Atlet Diajang Popda, Pj Walikota Bengkulu Targetkan Juara Umum

5. Menjaga Berat Badan
Memiliki berat badan yang berlebih ataupun terlalu rendah dapat memengaruhi siklus menstruasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Jadi, cara mengatasi menstruasi yang telat selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Jika memiliki berat badan berlebih, kamu harus memerhatikan asupan gizi yang sesuai agar berat badan tetap ideal. Namun, jangan terlalu rendah. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon.

6. Mengonsumsi Jahe
Jahe dipercaya dapat memicu kontraksi rahim dan mengakibatkan darah haid menjadi lebih cepat keluar. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi berbagai olahan jahe seperti teh jahe. Namun, belum ada penelitian yang memastikan cara mengatasi telat datang bulan ini benar-benar akurat.

7. Kurangi Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat
Berkurangnya kadar estrogen di tubuh dapat mengakibatkan darah haid tidak keluar. Biasanya, kadar estrogen berkurang karena aktivitas fisik yang terlalu berat. Maka, kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat.

BACA JUGA:Antisipasi Permasalahan PPDB, Dukcapil Kota Bengkulu Perketat Syarat Pindah KK

8. Menggunakan Kontrasepsi Hormonal
Cara yang paling efektif untuk mengubah siklus menstruasi adalah alat kontrasepsi hormonal. Contoh alat kontrasepsi hormonal yang dapat digunakan adalah pil. Pil kontrasepsi yang merupakan gabungan dari progestin dan estrogen ini dapat dikonsumsi selama 21 hari, lalu penggunaannya dihentikan atau diganti dengan pil plasebo selama 7 hari. Maka, dalam waktu 7 hari tersebut menstruasi akan terjadi.

9. Olahraga Teratur
Olahraga teratur dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan tentunya berkaitan dengan menstruasi. Kamu dapat memulainya dengan olahraga ringan tetapi teratur.Namun, belum ada penelitian yang memastikan cara mengatasi terlambat menstruasi ini benar-benar akurat.

BACA JUGA:Duet Ideal Dempo-Bang Ken, Calon Gubernur-Wakil Gubernur Mewakili Semua Kalangan

10. Lakukan Relaksasi
Penyebab utama dari telatnya menstruasi bisa disebabkan oleh stres. Maka, kamu sangat disarankan untuk melakukan relaksasi guna menghilangkan stres dan melancarkan peredaran darah.

11. Mengonsumsi Obat Pelancar Haid atau Obat Telat Datang Bulan
Cara efektif selanjutnya untuk mengatasi telat datang bulan adalah dengan mengonsumsi obat pelancar haid. Obat pelancar haid hadir dari beragam merek dan sudah banyak dijual dipasaran. Kamu boleh mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter terkait obat pelancar haid yang sesuai untuk kamu. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat pelancar haid yang sudah beredar di tempat umum seperti apotek.

12. Mengonsumsi Rempah-Rempah
Beberapa rempah-rempah seperti oregano, kayu manis, dan rosemary dipercaya dapat memicu naiknya aliran darah ke rahim. Rempah-rempah tersebut dapat kamu padukan dengan berbagai olahan makanan lainnya. Pasalnya, mengonsumsi rempah-rempah bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi telat datang bulan.

BACA JUGA:Jaksa Teliti Berkas Pungli di Jembatan Timbang dan KIR di Rejang Lebong

13. Hindari Rokok
Rokok mengandung nikotin yang dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron. Maka, hindari rokok agar siklus menstruasimu berjalan lancar.

14. Istirahat yang Cukup
Cara terakhir untuk mengatasi telat datang bulan adalah istirahat yang cukup. Hal ini tidak hanya memengaruhi siklus menstruasi, melainkan kesehatanmu juga. Jadi, istirahatlah yang cukup. Semoga bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: