Kaya Akan Kandungan Nutrisi: 5 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Kaya Akan Kandungan Nutrisi: 5 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Biji pala memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiradang yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKPRESS.COM - Biji pala memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiradang yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Biji pala biasanya diolah sebagai rempah atau bahan tambahan untuk menyedapkan cita rasa makanan ataupun minuman. 

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, biji pala memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi biji pala antara lain:

1. Perbaiki suasana hati 

Sebagian orang mungkin belum mengatahui manfaatr biji pala yang mampu memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Hal tersebut dikarenakan biji pala digunakan sebagai antidepresan karena memiliki efek menenangkan. 

BACA JUGA:Ampuh untuk Memperkuat Ginjal, dr Zaidul Akbar Sarankan Seduh 3 Bahan Dapur Ini

Manfaat ini juga diperoleh dari kinerja biji pala dalam mengatur keseimbangan senyawa kimia di otak yang dapat memicu terjadinya depresi. Selain itu, minyak esensial yang terbuat dari biji pala juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kecemasan, depresi, sulit tidur, dan ADHD

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun, fuli (kulit pembungkus), dan biji pala merupakan bahan baku pembuatan minyak pala. Minyak pala dapat digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut karena memiliki sifat antibakteri. Kandungan antibakteri ini terbukti efektif untuk melawan kuman yang menyebabkan bau mulut.

Menurut penelitian, ekstrak biji pala dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Streptococcus mutans, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, dan Porphyromonas gingivalis, yang dapat menyebabkan gigi berlubang serta penyakit gusi, termasuk radang gusi.

BACA JUGA:Obati Penyakit Ringan Hingga Mematikan, Berikut 7 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah

3. Mengontrol gula darah

Ekstrak biji pala diduga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Menurut penelitian, ekstrak biji pala efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kinerja pankreas.

4. Mengurangi peradangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: