Sering Disepelekan, Berikut 6 Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Sering Disepelekan, Berikut 6 Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Plak gigi menjadi salah satu permasalah yang sering muncul jika kita tidak merawat gigi secara teratur-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Plak gigi menjadi salah satu permasalah yang sering muncul jika kita tidak merawat gigi secara teratur. Menghilangkan Plak gigi perlu dilakukan guna mencegah penyakit dan kerusakan gigi serta gusi. 

Selain baik untuk kesehatan gigi dan gusi, menghilangkan plak juga dapat membuat Anda lebih percaya diri dengan senyum yang menawan.

Nah, artikel ini akan memberikan informasi bagaimana cara menghilangkan plak gigi yang mudah dan praktis. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini. 

Plak gigi tampak menyerupai lapisan tipis dan licin berwarna putih kekuningan dan biasanya terbentuk di antara gigi atau sepanjang batas antara gigi dan gusi. Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal dan menumpuk di celah gigi.

BACA JUGA:Solusi Perawatan Wajah Alami, Ini Dia 5 Manfaat Saffron untuk Kesehatan Wajah

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi 

Munculnya plak pada gigi tidak boleh diabaikan apalagi disepelekan. Pasalnya, plak yang dibiarkan,dapat mengeras dan memicu terbentuknya karang gigi yang bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan gigi dan gusi. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi guna mencegah kerusakan yang dapat terjadi. Selain karang gigi, berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh plak gigi:

Bakteri dari sisa makanan yang tertinggal di celah gigi dapat mengeluarkan zat asam. Zat tersebut bisa menyebabkan pembusukan atau lubang pada gigi.

Gigi berlubang atau membusuk dapat ditambal jika lebih awal terdeteksi atau dicabut. Bila terus-menerus dibiarkan, kerusakan dapat menyebar hingga pulpa atau lapisan akar di tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses.

BACA JUGA:Kenali Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengolah Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

  • Gingivitis dan Periodontitis

Sebagian orang ada yang belum mengenal istilah gingivitis. gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit. Bila dibiarkan tanpa penanganan, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis.

Ada pula periodontitis adalah infeksi serius yang bisa menyebabkan kerusakan tulang gigi di sekitar rahang. Seiring waktu, infeksi tersebut dapat mengakibatkan terbentuknya celah antara gigi dan gusi serta menyebabkan gigi mudah tanggal.

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: