Jadi Trend Masa Kini, Kenali Tanda-Tanda dan Penyebab Self-Harm pada Remaja

Jadi Trend Masa Kini, Kenali Tanda-Tanda dan Penyebab Self-Harm pada Remaja

Self-harm adalah suatu perilaku melukai diri sendiri secara sengaja-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu menjumpai teman-teman terdekat atau keluarga yang sering menyakiti diri kamu harus mengetahui jika tindakan itu disebut dengan self harm. Apa itu self harm? Apa tanda-tanda dan penyebab seseorang bisa self harm? Simak infromasi berikut ini!

Self-harm adalah suatu perilaku melukai diri sendiri secara sengaja. Tindakannya bisa berupa menyayat, memukul, memotong, membakar diri atau tindakan fisik lain untuk merusak tubuh biasanya tindakan ini bertujuan untuk meredakan rasa kesal atau perasaan yang terpendam. 

Remaja termasuk kelompok individu yang rentan melakukan self-harm. Pada umumnya, tindakan ini menandakan adanya gangguan kesehatan mental. Sebab, self-harm memang erat kaitannya dengan masalah kesehatan mental. 

BACA JUGA:Alami Telapak Tangan Gatal Waspadai Penyakit Serius Ini!

Tanda-Tanda Self Harm pada Remaja

Self-harm pada remaja adalah tindakan yang serius dan memerlukan perhatian orang tua. Pasalnya, jika dibiarkan, tindakan ini bisa lebih parah bahkan bukan tidak mungkin mengarah ke tindakan bunuh diri. 

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mungkin melakukan self-harm:

1. Memiliki luka-luka fisik

Self-harm pada tubuh bisa seperti goresan, luka bakar, atau memar yang muncul secara tiba-tiba dan tidak memiliki penjelasan yang masuk akal bisa menjadi tanda adanya self-harm. 

Luka-luka mungkin terjadi secara berulang kali. Biasanya, luka ditemukan di area tubuh yang mudah disembunyikan, seperti lengan, perut, atau paha.

BACA JUGA:Mau ASI Melimpah Untuk Kesehatan Bayi? Ini Tipsnya

2. Selalu mengenakan pakaian panjang untuk menutupi luka

Remaja yang melakukan self-harm biasanya akan mengenakan pakaian panjang atau lengan panjang bahkan di cuaca panas. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan luka-luka tersebut dari pandangan orang lain.

3. Suka mengurung diri 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: