Tips Jitu Cara Merawat Cat Motor agar Nggak Mudah Kusam

Tips Jitu Cara Merawat Cat Motor agar Nggak Mudah Kusam

Segera cuci motor setelah terkena air hujan, asam nitrat dari air hujan dan bercampur dengan debu yang ada di motor bisa meninggalkan noda membandel --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Motor yang kelihatan selalu bersih dan kinclong tentu bisa bikin kamu pede nih membawanya kemana-mana, apalagi kalau harus ketemu orang penting seperti calon mertua atau gebetan. Setuju nggak? Kalau motor kelihatan bersih dan mengkilap, orang bakal menganggap kamu termasuk pribadi yang tertib, disiplin dan bisa dipercaya.

Nah, salah satu cara merawat cat motor kamu supaya kelihatan bersih dan kinclong terus adalah dengan memperhatikan kondisi catnya. Jangan sampai cat motor kamu jadi cepat pudar dan bikin tampilannya jadi nggak keren lagi. Di bawah ini ada 7 cara merawat cat motor supaya nggak cepat pudar dan kusam. Simak yuk!

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Warna Velg yang Nyentrik dan Bikin Mobil Tambah Cool!

1. Pakai Penutup Motor
Penutup motor jadi solusi cepat saat kamu harus memarkirkan motor di tempat yang nggak teduh, seperti di halaman atau lapangan terbuka. Cahaya matahari bisa bikin warna cat motor kamu jadi cepat pudar dan kusam nih. Paparan UV yang berasal dari matahari secara terus menerus bikin keindahan cat motor kamu jadi cepat hilang. Pigmen cat bakal rusak karena sinar matahari punya energi yang cukup kuat untuk bikin struktur molekuler cat motor kamu jadi rusak dan bikin warna aslinya memudar.Maka dari itu sebaiknya selalu sedia penutup motor untuk melindungi motor kamu dari berbagai masalah lingkungan yang bisa bikin komponen dan catnya jadi rusak.

2. Hindari Parkir di Sembarang Tempat
Sebaiknya jangan parkir di sembarang tempat kalau kamu nggak punya penutup motor nih. Lebih baik pilih tempat teduh yang ada penutupnya, supaya cat motor kamu nggak cepat pudar. Kalau kamu pergi ke Mall, sebaiknya pilih parkir dalam yang ada peneduhnya. Jangan di tempat terbuka, misal di bawah pohon karena rawan ada kotoran yang menempel. Tempat yang teduh bakal melindungi cat motor kamu dari cuaca ekstrem seperti hujan dengan asam nitrat yang tinggi banget atau panas yang sangat terik.

BACA JUGA:Ini Cara Efektif dan Mudah untuk Pasang GPS Tracker di Mobil

3. Pakai Wax Motor
Salah satu cara yang ampuh untuk mencegah kerusakan cat motor adalah dengan melakukan waxing. Waxing motor juga ampuh untuk melindungi dan merawat cat motor kamu dari dampak buruk faktor lingkungan seperti sinar UV nih. Selain itu, waxing motor juga bisa bikin tampilan motor kamu terlihat lebih mengkilap dan bersih. Fungsi wax yang cukup penting ini bikin kamu harus selektif nih memilih wax yang cocok dengan jenis cat motor kamu. Kamu juga wajib mengikuti petunjuk penggunaan supaya wax nggak merusak cat motor kamu.

4. Jangan Pakai Stiker
Salah satu faktor yang bisa merusak cat motor kamu adalah sticker. Penggunaan sticker bisa bikin lapisan cat motor kamu rusak, terutama kalau melepasnya harus dikerjakan dalam satu waktu. Sticker ini bisa meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan dan cat body motor bisa ikut terkelupas.

Kalau memang kamu ingin memasang stiker di motor supaya terlihat lebih keren nih, sebaiknya pilih yang memakai bahan berkualitas. Pilih sticker dengan bahan berkualitas tinggi yang memang secara khusus didesain untuk kendaraan dan beresiko rendah merusak lapisan cat motor kamu.

BACA JUGA:Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen Sih?

5. Cuci Motor secara Rutin
Langkah dasar perawatan cat motor yang bisa kamu lakukan adalah mencucinya dengan rutin. Saat kamu mencuci motor nih, sebaiknya pilih pembersih yang memang dibuat khusus untuk kendaraan. Jangan memakai sabun seadanya seperti untuk cuci piring atau deterjen.

Penggunaan sabun sembarangan bisa bikin lapisan cat motor kamu rusak karena mengandung bahan kimia pembersih yang cukup kuat. Ini bisa menghilangkan sealant dan wax yang ada pada cat motor.  Sealant dan wax ini fungsinya penting banget sebagai pelindung cat agar tetap indah dan cerah serta mencegah kerusakan karena faktor lingkungan.

Nah, saat mencuci motor nih sebaiknya pakai kain microfiber atau spons yang lembut supaya nggak meninggalkan goresan. Cuci dengan lembut, jangan menggosok terlalu keras. Jangan juga memakai sikat yang kasar karena bisa bikin cat motor kamu jadi pudar dan kusam.

BACA JUGA:Begini Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Mati

6. Segera Cuci setelah Terkena Hujan
Air hujan dikenal karena kandungan asam nitrat yang bisa bikin cat body motor kamu kusam dan cepat pudar. Asam nitrat bisa bikin struktur molekuler cat motor kamu jadi rusak, hingga menyebabkan korosi di logam motor. Wah, ngeri juga ya?

Ini bisa jadi lebih parah kalau kamu ada di kota dengan polusi udara yang tinggi. Polusi yang cukup tinggi bikin konsentrasi asam nitrat di dalam air hujan juga ikut meningkat.  Nah, maka dari itu sebaiknya kamu segera cuci motor setelah terkena air hujan. Asam nitrat dari air hujan dan bercampur dengan debu yang ada di motor bisa meninggalkan noda membandel nih. Kotoran dan debu yang ada di motor beresiko meninggalkan baret atau goresan yang tentu bakal bikin cat motor jadi rusak, kusam dan pudar.

7. Segera Perbaiki jika Cat Rusak
Rajin cek kondisi cat permukaan body motor kamu. Ketika kamu menemukan ada kerusakan di cat motor, sebaiknya segera diperbaiki dengan melakukan touch up. Touch up ampuh untuk menyamarkan goresan kecil yang ada di motor karena berbagai penyebab.

BACA JUGA:Tes Drive Honda Stylo 160, Astra Motor Bengkulu Ajak Wartawan Keliling Kota Bengkulu

Kerusakan cat body ini harus segera dilakukan sebelum tingkat keparahannya jadi semakin tinggi. Kalau sudah terlanjur parah, bisa jadi kondisi cat body motor kamu sulit untuk diperbaiki dan warnanya jadi kusam dan memudar dengan cepat.  Nah, itu dia beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan agar cat motor kamu tetap awet, kinclong dan nggak cepat pudar. Tampilan motor yang mengkilap dan bersih bisa bikin kamu makin percaya diri nih.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: