Ini Dia Perbedaan Sabun Cuci Mobil dan Motor!

Ini Dia Perbedaan Sabun Cuci Mobil dan Motor!

Sabun cuci mobil ataupun sepeda motor biasanya dijual dengan kemasan ukuran 400 ml, 500ml, 750ml, 1000ml hingga 5000ml.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sabun cuci untuk mobil dan motor memiliki tampilan serta fungsi yang sama, tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan dari keduanya. Beberapa perbedaan yang mendasar dari kedua Sabun cuci tersebut adalah formulasi, penggunaan, hingga hasil akhir pencuciannya. Lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai perbedaan Sabun cuci mobil dan motor agar kendaraanmu bersih optimal!

Formulasi dan Bahan Kimia
Hal pertama yang membedakan antara Sabun cuci mobil dan motor adalah dari formulasi bahan kimianya. Formulasi dari Sabun cuci mobil dan motor dirancang khusus untuk kebutuhan perawatan tipe kendaraan berbeda. Konsentrasi bahan aktif dan kekuatan pembersihan kedua Sabun cuci tersebut juga berbeda.

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Warna Velg yang Nyentrik dan Bikin Mobil Tambah Cool!

Biasanya, sabun cuci mobil memiliki bahan aktif dengan kekuatan pembersihan yang lebih tinggi sebab permukaannya pun lebih besar. Sedangkan untuk sabun cuci motor lebih fokus memperhatikan faktor keamanan materialnya karena ada komponen-komponen penting pada motor yang sulit untuk dijangkau.

Selain itu, bahan kimia yang terkandung dalam sabun cuci motor biasanya lebih ramah terhadap material tertentu, seperti karet, plastik, hingga logam yang rawan berkarat. Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab pada sabun cuci mobil terdapat beberapa bahan kimia agresif yang kurang cocok untuk material tersebut.

Perlindungan pada Lapisan Kendaraan
Perbedaan lainnya dari sabun cuci mobil dan motor adalah pada perlindungan lapisan kendaraannya. Untuk sabun cuci mobil seringkali dirancang dengan adanya tambahan bahan yang bisa melindungi lapisan sealant atau wax pada cat mobil. Dengan begitu, cat pada mobil nggak akan mudah rusak dan kilau catnya mampu bertahan lama.

BACA JUGA:Ini Cara Efektif dan Mudah untuk Pasang GPS Tracker di Mobil

Berbeda dengan sabun cuci motor, perlindungan lapisannya berbeda, biasanya menggunakan bahan pelapis tahan karat. Selain itu, sabun cuci pada motor lebih berfokus pada kebersihan komponen-komponennya secara menyeluruh. Ada beberapa sabun cuci motor yang juga berfungsi untuk meningkatkan perlindungan lapisan kendaraan juga.

Keamanan terhadap Bahan Tertentu
Perbedaan sabun cuci mobil dan motor lainnya terletak pada keamanan atau kompatibilitas formulasinya dengan material kendaraan tertentu. Sabun cuci mobil dirancang untuk berbagai jenis kotoran yang menempel pada mobil, seperti debu, lumpur, dan berbagai noda yang parah. Fokusnya adalah untuk membersihkan permukaan mobil.

Di sisi lain, sabun cuci motor lebih fokus pada keamanan materialnya, mengingat sepeda motor memiliki berbagai jenis material yang rentan rusak apabila terkena bahan kimia terlalu keras. Apalagi pada bagian dalamnya, kamu perlu membersihkannya secara hati-hati agar sabun cuci motor tersebut nggak akan merusak bagian vitalnya, termasuk mesin.

BACA JUGA:Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen Sih?

Warna dan Aroma
Berikutnya, adapula perbedaan dari segi warna dan aromanya pada sabun cuci mobil serta sabun cuci motor. Meskipun terdapat beberapa kesamaan dalam tampilan, tetapi warnanya biasanya berbeda. Sabun cuci mobil seringkali memiliki aroma yang mampu memberikan kesan segar dan harum. Kamu juga bisa memilih aroma sabunnya sesuai preferensi sendiri.

Sedangkan sabun cuci motor biasanya memiliki aroma yang lebih netral, bahkan kadang nggak ada aromanya sama sekali. Sebab, pada sabun cuci motor ini lebih fokus pada fungsinya untuk membersihkan secara menyeluruh. Namun, adapula sabun cuci motor yang juga memiliki aroma menyegarkan. Kamu bebas memilih aromanya sesuai selera.

Nggak cuma itu saja, warna dari sabun cuci mobil dan motor juga bisa saja berbeda. Untuk sabun cuci mobil banyak yang mengusung warna-warna cerah dan menarik, sementara untuk produk sabun cuci motor warnanya netral. Setiap merk sabun cuci mobil dan motor memiliki ketentuan tersendiri untuk produk-produknya.

BACA JUGA:Begini Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Mati

Konsentrasi Isi dan Kemasan
Kemasan dan konsentrasi isi dari sabun cuci mobil ataupun motor juga menjadi hal pembeda dari kedua produk ini. Kemasan dari sabun cuci mobil cenderung lebih besar serta konsentrasi formulanya lebih tinggi. Sebab, mobil mempunyai permukaan yang lebih besar dan memerlukan sabun cuci lebih banyak untuk membersihkan secara menyeluruh.

Sabun cuci motor hadir dengan kemasan lebih kecil dan konsentrasi formulanya juga rendah. Permukaan dan dimensi dari sepeda motor ukurannya lebih kecil sehingga hanya memerlukan sabun cuci dalam jumlah sedikit. Selain itu, kemasannya yang lebih kecil sangat praktis untuk sepeda motor sebab bisa disimpan dalam jok dengan kapasitas terbatas.

Ketahanan Terhadap Suhu dan Kondisi Lingkungan
Sabun cuci mobil dan motor juga memiliki perbedaan dari segi ketahanannya terhadap suhu maupun kondisi lingkungan. Sabun cuci mobil dirancang untuk bisa melakukan perawatan optimal untuk berbagai kondisi. Sehingga ketahanannya cukup kuat untuk segala jenis kondisi, seperti kondisi yang lembap, paparan sinar matahari, hingga suhu ekstrem.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Motor Vario 125

Sementara sabun cuci motor dirancang untuk membersihkan sepeda motor segala kondisi juga tetapi berbeda fokus. Sepeda motor seringkali digunakan pada kondisi jalan yang terjal maupun suhu ekstrem. Sehingga sabun cuci motor harusnya memiliki ketahanan terhadap perubahan suhu dan bisa digunakan untuk membersihkan area sekitar mesin yang panas.

Untuk memilih sabun cuci motor ataupun mobil, kamu juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kendaraan dan lingkungan juga. Sebab, jika kamu tinggal di daerah yang jalannya masih berlumpur ataupun terjal banyak debu, maka memerlukan sabun cuci dengan formulasi bahan aktif tinggi agar bisa membersihkannya dengan optimal.

Harga Beli dan Ketersediaan
Perbedaan terakhir antara sabun cuci mobil dan motor ada pada harga beli dan ketersediannya pula. Harga dari sabun cuci mobil biasanya lebih mahal karena bahan aktif yang digunakan pun lebih tinggi. Berbeda dengan sabun cuci motor yang cenderung lebih murah. Namun, harga tersebut juga ditentukan dari ukuran kemasan dan merknya.

BACA JUGA:Skema Baru Penerimaan Siswa Baru di Kota Bengkulu 2024-2025, Simak Jalurnya

Sabun cuci mobil ataupun sepeda motor biasanya dijual dengan kemasan ukuran 400 ml, 500ml, 750ml, 1000ml hingga 5000ml. Tentunya, harga beli dari setiap ukuran kemasan tersebut berbeda. Begitu pula pada merk sabunnya, jika sabun cuci kendaraan tersebut berasal dari merk ternama, bisa jadi harganya jadi lebih mahal.

Lalu, untuk ketersediaan sendiri, sabun cuci mobil biasanya sering ditemukan dan tersedia pada toko-toko otomotif tertentu. Sedangkan sabun cuci motor lebih mudah dijumpai di toko-toko kelontong juga. Nah, jika kesulitan untuk mencari sabun cuci mobil dan motor secara offline, kamu bisa membelinya melalui marketplace online agar lebih mudah. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: