Ini Dia Perbedaan Ninja R dan SS! Pecinta Kawasaki Wajib Tahu

Ini Dia Perbedaan Ninja R dan SS! Pecinta Kawasaki Wajib Tahu

Dilihat dari tampilan eksterior bodynya, kedua motor sport dari Kawasaki ini punya body dengan tampilan yang nggak jauh beda.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi para pecinta Kawasaki Ninja, perbedaan Kawasaki Ninja R dan SS menjadi salah satu hal yang perlu diketahui sebelum membeli. Kedua motor sport ini memang cukup populer di kalangan masyarakat karena memiliki desain yang super keren. pengen beli salah satu dari kedua motor sport Kawasaki ini? yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini biar makin paham.

1. Perbedaan Secara Exterior
Dilihat dari tampilan eksterior bodynya, kedua motor sport dari Kawasaki ini punya body dengan tampilan yang nggak jauh beda. Hanya saja, hal yang membuat perbedaan motor Ninja R dan SS terlihat signifikan adalah bagian headlamp.

BACA JUGA:Jangan Asal Pakai! Produk Make Up Punya Masa Kedaluwarsa

Motor Kawasaki ninja tipe R memiliki headlamp yang hampir mirip dengan motor satria FU. Sedangkan motor Ninja SS menggunakan headlamp yang berbentuk bulat. Berdasarkan jenis headlamp yang digunakan, tampilan dari motor Kawasaki ninja R terlihat lebih sporty dibandingkan motor Ninja SS.

Selain itu, perbedaan Ninja R dan SS juga bisa temukan dari varian warna yang tersedia. Eksterior dari motor Kawasaki ninja tipe R tersedia dalam 3 varian warna, yakni lim, orange dan hitam. Sedangkan untuk motor Kawasaki Ninja SS, bodynya tersedia dalam 3 varian warna berbeda, yakni lim, kuning dan merah.

Adanya perbedaan warna dari kedua tipe motor Kawasaki ninja ini membuat kesan yang ditampilkan pun berbeda. Kawasaki ninja R cocok buat kamu yang pengen punya motor ninja dengan varian warna yang lebih kalem. Sedangkan Ninja SS lebih cocok buat kamu yang suka motor ninja dengan tampilan colorful.

BACA JUGA:Cleansing Balm dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

2. Perbedaan Secara Interior
Kemudian untuk interiornya, motor Kawasaki ninja tipe R dan SS punya interior yang nggak jauh beda. Secara umum, interior dari kedua motor sport dari brand ternama ini hadir dengan nuansa full black. Perbedaan Ninja R dan SS adalah varian warna eksteriornya dan stiker yang terdapat di bagian samping body. Selain mesin dan komponen lainnya, juga bisa menemukan bagasi di bawah jok yang bisa menyimpan barang bawaan.

3. Perbedaan Secara Fitur
Sama seperti motor sport pada umumnya, Kawasaki Ninja R dan SS juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Umumnya nggak ada perbedaan Ninja R dan SS di bagian fitur, karena jenis fitur yang digunakan masih sama. Motor Kawasaki Ninja R dan SS memiliki fitur keselamatan dan keamanan, diantaranya fitur Dimmer Switch dan Engine Check Warning. Selain itu, ada juga fitur adjustable headlights, tachometer, speedometer, indicator BBM dan navigator.

BACA JUGA:Tertarik Melakukan Waxing Wajah? Ini yang Perlu Diketahui!

4. Perbedaan Secara Spesifikasi
Setelah mengetahui perbedaan Ninja R dan SS secara eksterior dan lainnya, juga perlu tau tentang perbedaan spesifikasinya. Buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi dari motor Kawasaki Ninja R dan ss, simak ulasan ini sampai selesai ya.

Dimensi
Dilihat dari dimensinya, kedua motor sport dari brand Kawasaki ini masih sama, mulai dari panjang hingga wheelbase-nya. Motor Ninja R dan SS memiliki panjang 1.975 mm, lebar 719 mm, tinggi 1.090 mm, dan wheelbase 1.305 mm. Selain itu, kedua motor Kawasaki ini memiliki jarak ke tanah 145 mm, dan tangki bahan bakar berkapasitas 10,8 liter.

Bobot
Aspek spesifikasi selanjutnya yang perlu ketahui adalah bobot atau berat. Bobot yang dimiliki pun masih sama, sehingga nggak ada perbedaan Ninja R dan ss. Bobot dari motor Kawasaki ninja tipe R dan SS yang beredar saat ini adalah sekitar 124,5 kg.

BACA JUGA:Ini Dia Penyakit Kulit Akibat Kosmetik dan Cara Mencegahnya

Mesin
Performa dari motor Ninja R dan SS didukung dengan mesin 2-Tak, Crankcase, Reed Valve, Super Kips, HSAS yang berkapasitas 150cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 22,1 KW atau setara dengan 30,1 PS pada putaran 10.500 RPM. Pada mesin motor ninja ini terdapat 2 teknologi, yakni KIPS dan HSAS.

KIPS adalah Kawasaki Integrated Power Valve System, sedangkan HSAS adalah high performance secondary air system. Teknologi super kips yang digunakan pada mesin motor ini bisa menghindari emisi yang terbuang sia-sia. Selain itu, teknologi mesin super kips juga bisa membuat konsumsi BBM jadi lebih hemat.

Nggak cuma teknologi super kips, mesin dari motor Kawasaki Ninja R dan SS juga menggunakan teknologi HSAS. Teknologi mesin ini bisa membuat gas buangan lebih ramah lingkungan dan berfungsi untuk membantu fungsi catalytic converter pada knalpot. Kemudian untuk torsi maksimumnya, mesin motor sport Kawasaki ini bisa mencapai 21,6 Nm pada putaran 9.000 RPM. Mesin motor Ninja R dan SS memiliki diameter sebesar 59,0 mm dan jarak langkah sekitar 54,4 mm.

BACA JUGA:Biar Gak Asal! Kenali Manfaat dan Keamanan Tato Kosmetik

Suspensi dan Rem
Beralih ke bagian suspensi dan rem, motor Kawasaki ninja tipe R dan SS masih menggunakan jenis yang sama. karenanya, bisa disimpulkan bahwa nggak ada perbedaan Ninja R dan SS di bagian suspensi dan rem. Kedua motor sport dari Kawasaki ini menggunakan suspensi depan berjenis Telescopic Fork, dan suspensi belakang berjenis Monoshock. Sedangkan untuk rem, jenis rem depan dan belakang yang digunakan adalah rem Twin Port.

Velg dan Ban
Kawasaki Ninja R dan SS menggunakan velg ban dengan diameter sebesar 17 inci. Kemudian, kedua motor sport Kawasaki ini menggunakan ban depan berukuran 90/90 49S, sedangkan ban belakangnya berukuran 110/80 57S. Sedangkan untuk merek bannya, kedua motor ninja dari Kawasaki ini bisa menggunakan ban dari berbagai merek. Beberapa diantaranya adalah ban merek Pirelli, Michelin, Corsa, Zeneos, Metzeler, dan aspia premio.

Selain itu, ada juga ban merek Battlax, Swallow, FDR, IRC Tire, dan Maxxis yang cocok digunakan. Kalau pengen beli ban, juga harus tau bagaimana kualitas dan kecocokannya dengan motor kesayangan. Selain itu, beli di tempat terpercaya, supaya terhindar dari barang palsu.

BACA JUGA:Arbutin! Bahan Pemutih yang Aman untuk Kulit Anda

Konsumsi BBM
Khusus untuk konsumsi BBM-nya, terdapat perbedaan Ninja R dan SS yang cukup signifikan. Dengan jarak normal, motor ninja tipe R bisa menempuh jarak sekitar 22 hingga 27 km setiap 1 liter BBM. Sedangkan motor Kawasaki ninja tipe SS bisa menempuh jarak sekitar 30 km untuk setiap 1 liter BBM.

Selain itu, perbedaan antara motor Ninja R dan SS juga bisa dilihat dari sistem pelumasan olinya. Ninja R sudah menggunakan sistem pelumasan oli injection, sedangkan motor ninja tipe SS masih menggunakan sistem pelumasan oli biasa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: