Ampuh Atasi Jerawat, Berikut 5 Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan

Ampuh Atasi Jerawat, Berikut 5 Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan

Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L Merr) adalah jenis bawang yang berasal dari Kalimantan, Indonesia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang masih banyak yang ragu untuk mengonsumsi bawang dayak, padahal ada banyak manfaat bawang dayak bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Bawang Dayak (Eleutherine palmifolia L Merr) adalah jenis bawang yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Bentuknya hampir sama dengan bawang merah, namun lebih pipih.

Bawang Dayak tumbuh subur di daerah yang banyak terpapar sinar matahari. Kendati demikian, bawang ini juga bisa tumbuh dan beradaptasi dengan iklim dan jenis tanah apa pun.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bawang Dayak bahkan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Manfaat kesehatan bawang Dayak dikaitkan dengan senyawa aktif yang dikandungnya, seperti flavonoid, naptoquinon, antrakuinon, alkaloid, saponin, tanin, triterpenoid, dan steroid.

BACA JUGA:Ingin Mengatasi Darah Tinggi dan Kolesterol, Dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Sederhananya

Manfaat Bawang Dayak 

Di bawah ini adalah beragam manfaat bawang Dayak bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh:

1. Mencegah infeksi bakteri

Bawang dayak kaya akan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, triterpenoid, steroid, dan tannin. Kandungan tersebut berpotensi melawan bakteri Staphylococcus aureus (MRSA), B. cereus, Shigella sp., dan Pseudomonas aeruginosa.

Staph dan MRSA dapat menyebabkan banyak penyakit mulai dari infeksi kulit, sepsis, pneumonia, hingga infeksi darah. Berkat sifat antibakteri yang baik, bawang Dayak dapat mencegah Anda mengalami penyakit akibat infeksi bakteri.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang Dayak mampu melawan bakteri patogen Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan berbagai infeksi, seperti infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

BACA JUGA:Sering Salah Paham, Inilah 5 Mitos yang Harus Diketahui Tentang Kesehatan Kulit

2. Mencegah penyakit diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: