Ini Dia Beragam Cara Cepat Menumbuhkan Rambut

Ini Dia Beragam Cara Cepat Menumbuhkan Rambut

Jika merasa pertumbuhan rambut kurang lancar atau memiliki masalah rambut, seperti rambut rontok dan mudah patah, ada beberapa cara cepat menumbuhkan rambut yang aman dan efektif.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara cepat menumbuhkan rambut bisa dimulai dari memanfaatkan bahan-bahan alami, mengonsumsi obat tertentu, hingga memperbaiki pola makan. Jika memiliki masalah rambut rontok, berbagai cara tersebut bisa dicoba agar rambut cepat tumbuh.

rambut tumbuh dari akar atau folikel rambut yang berada di bawah permukaan kulit. Saat tumbuh, rambut akan menembus kulit dan melewati kelenjar minyak. Minyak (sebum) inilah yang membuat rambut tampak berkilau dan lembut. Agar bisa tumbuh dengan lancar dan kuat, rambut membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen. Asupan ini diperoleh dari aliran darah yang mengalir ke kulit dan folikel rambut. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga turut berperan dalam pertumbuhan rambut, seperti genetik dan usia.

BACA JUGA:Ingin Rambut Sehat dan Berkilau? Ini Tipsnya

Jika merasa pertumbuhan rambut kurang lancar atau memiliki masalah rambut, seperti rambut rontok dan mudah patah, ada beberapa cara cepat menumbuhkan rambut yang aman dan efektif. Cara-cara terseut dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami atau obat-obatan medis.

Cara Cepat menumbuhkan rambut secara Alami
Berikut ini adalah cara cepat menumbuhkan rambut dengan bahan alami:

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa mengandung asam laurat, asam palmiat, dan asam oleat yang dapat memperkuat dan melembapkan rambut. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai cara cepat menumbuhkan rambut, Anda cukup mengoleskan minyak ini ke rambut dan kulit kepala. Lalu, pijatlah kepala Anda dan diamkan selama sekitar 30 menit. Terakhir, keramaslah guna membersihkan minyak di kepala. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau produk minyak kelapa yang mengandung campuran biotin. Kedua bahan ini diketahui dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

BACA JUGA:Menghilangkan Tahi Lalat yang Tepat dan Aman! Begini Caranya

2. Lidah buaya
Lidah buaya (aloe vera) sudah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu bahan alami untuk menumbuhkan rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala. Bahan alami ini juga kerap digunakan untuk membantu mengatasi kondisi rambut rontok, kebotakan (alopesia), dan ketombe. Ini karena lidah buaya mengandung zat aloenin, antioksidan, serta vitamin A, C, dan E yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut sebanyak 2 atau 4 kali seminggu sebagai cara cepat menumbuhkan rambut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan rambut, seperti serum rambut, sampo, atau kondisioner, yang mengandung lidah buaya.

3. Minyak kemiri
Minyak kemiri mengandung asam linoleat, asam oleat, dan beragam jenis asam lemak yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, minyak ini banyak digunakan sebagai cara cepat menumbuhkan rambut sekaligus mengatasi rambut rontok.

Cara menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut juga mudah. Anda hanya perlu membalurkan minyak kemiri pada kulit kepala, lalu diamkan selama 20–30 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo yang mengandung bahan ringan, misalnya sampo bayi.

BACA JUGA:Tips Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

4. Madu
Menurut penelitian, madu bermanfaat untuk menyuburkan folikel rambut di kulit kepala, sehingga rambut bisa lebih cepat tumbuh. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk mengatasi rambut kering, rusak, dan kusam. Ini berkat kandungan asam amino, vitamin, dan mineral yang terdapat pada madu.

Anda bisa memanfaatkan madu sebagai masker rambut untuk menumbuhkan rambut dengan cepat. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa Lalu, oleskan campuran secara merata ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 30 menit, dan bersihkan dengan sampo.

5. Minyak jarak
Salah satu minyak tradisional yang juga banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut adalah minyak jarak. Riset menunjukkan bahwa minyak jarak mengandung asam oleat, asam linoleat, asam lemak omega-6, serta beragam mineral yang baik untuk memperkuat rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Cara cepat menumbuhkan rambut menggunakan minyak jarak adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak ini ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 1–2 jam, lalu bersihkan. Agar lebih efektif, Anda bisa mencampur minyak jarak dengan minyak lainnya, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba.

BACA JUGA:Masker Mentimun Bikin Kulit Wajah Makin glowing

6. Kopi
Tak hanya dijadikan minuman, kopi juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Ini berkat kandungan kafein, asam kafeat, antioksidan, dan mineral yang terkandung di dalam kopi. Beberapa riset menyebutkan bahwa kandungan zat di dalam kopi terbukti dapat membantu mencegah dan mengatasi kerontokan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut.

Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai toner rambut alami. Cara cepat menumbuhkan rambut ini adalah dengan menyeduh kopi menggunakan air panas dan diamkan hingga dingin. Lalu, semprotkan air kopi ke rambut dan diamkan hingga 15–20 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda dengan sampo dan gunakan kondisioner.

7. Pijatan kepala
Pijatan dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut mendapatkan lebih banyak asupan oksigen dan nutrisi. Hasilnya, rambut menjadi lebih cepat tumbuh dan akar rambut menjadi kuat. Sebagai cara cepat menumbuhkan rambut, pijatlah kepala Anda selama 4–5 menit setiap hari dengan lembut. Saat memijat kepala, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam menumbuhkan rambut.

BACA JUGA:Setelah Gerindra, M Saleh Ambil Formulir Bacawakot di Hanura

Beberapa cara alami di atas memang lebih mudah dilakukan untuk menumbuhkan rambut. Namun, efektivitasnya sebagai cara cepat menumbuhkan rambut masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Cara Cepat Menumbuhkan Rambut dengan Obat
Selain menggunakan bahan-bahan dan cara alami, Anda bisa menggunakan obat-obatan berikut ini sebagai cara cepat menunbuhkan rambut:

1. Minoxidil
Obat ini merupakan salah satu obat penumbuh rambut yang cukup sering digunakan. Minoxidil umumnya digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Obat ini tersedia dalam sediaan cairan dan digunakan dengan cara disemprotkan ke rambut dan kulit kepala. Minoxidil biasanya baru menunjukkan hasil setelah digunakan selama beberapa minggu. Walau relatif aman, cara cepat menumbuhkan rambut ini tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita hamil atau wanita menyusui.

BACA JUGA:Harga Bawang Merah Melambung, Pemkot Sediakan Stok di Toko Pangan Ado Galo

2. Finasteride
Finasteride adalah obat yang umum digunakan untuk mengobati pembesaran prostat jinak (BPH). Namun, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan atau kebotakan pada pria. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, finasteride bisa digunakan bersamaan dengan minoxidil. Namun, penggunaan kedua obat ini harus sesuai resep dan anjuran dokter. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan cara cepat menumbuhkan rambut ini tanpa pengawasan dokter karena berisiko menimbulkan efek samping.

3. Zinc pyrithione
Zinc pyrithione adalah bahan aktif yang terdapat pada beberapa produk sampo antiketombe yang dijual bebas. Selain untuk mengatasi ketombe, bahan ini juga bermanfaat untuk mengobati beberapa masalah rambut dan kulit kepala, seperti rambut rontok dan dermatitis seboroik. Zinc pyrithione juga bermanfaat untuk menumbuhkan dan memperkuat rambut.

Untuk menggunakannya sebagai cara cepat menumbuhkan rambut, basahi rambut lalu oleskan sampo secukupnya ke kulit kepala hingga berbusa. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. Anda bisa menggunakan sampo zinc pyrithione 2 kali seminggu atau sesuai dengan petunjuk dari dokter.

BACA JUGA:Dzikir Ini Sangat Dahsyat, Syekh Ali Jaber: Semua Hajat Akan Dimudahkan Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: