Idling Stop Motor Tidak Berfungsi? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Idling Stop Motor Tidak Berfungsi? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Faktor yang menyebabkan idling stop motor tidak berfungsi, apa penyebabnya-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada beberapa faktor yang menyebabkan idling stop motor tidak berfungsi, apa penyebabnya? Yuk, simak ulasan pada artikel berikut ini. 

Salah satu fitur yang dapat mematikan mesin motor secara otomatis adalah Idling stop. Beberapa produk kerap dilengkapi idling stop system atau lebih dikenal denga ISS, khususnya sejumlah kendaraan roda dua keluaran baru.

Beberapa merek motor keluaran baru yang berbekal idling stop adalah motor keluaran Honda seperti Vario, Beat Pop, dan Beat Sporty. Adapun perusahaan Yamaha secara khusus menyebutnya fitur stop and start system (SSS), misal ada di Aerox ABS.

BACA JUGA:Simak Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda Sonic 150R: Harga Cuman Rp 20 Jutaan

Mungkin sebagian dari kamu belum banyak mengatahui sistem kerja dari Idling stop, cara kerja idling stop system pada dasarnya mematikan mesin motor ketika tidak sedang membutuhkan kinerja. 

Pemanfaatan teknologi tersebut dilakukan melalui tombol tertentu di kendaraan, bisa diaktifkan ataupun tidak. Namun, bagaimaana jika idling tidak berfungsi, tentu ada beberapa penyebnya, berikut diantaranya: 

Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Idling stop tidak berfungsi dapat terjadi karena faktor komponen, kelistrikan, hingga ketidaktahuan para pengendara.

Misalnya saja masalah yang muncul akibat komponen, teknologi tidak akan berjalan jika perangkat yang memberikan fiturnya rusak.

BACA JUGA:Bakal Masuk Indonesia? Simak Spesifikasi Fitur Basalt Vision, Mobil SUV Coupe Terbaru dari Citroen

Bukan hanya itu, idling stop yang tidak menyala juga kemungkinan terjadi saat kelistrikan motor tidak stabil atau habis. Selain itu, permasalahan listrik ini juga timbul ketika kendaraan tidak dihidupkan dengan starter elektrik.

Adapun idling stop motor tidak berfungsi akibat ketidaktahuan pengguna merujuk pada pemanfaatan tombol pengaktif.

Seandainya tombol tersebut tidak dipencet ke setelan aktif, maka dapat dipastikan fiturnya tidak berjalan. Lantas bagaimana cara mengatasi idling stop yang tidak berfungsi? Berikut jawabannya.

Cara Mengatasi Idling Stop Tidak Berfungsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: