Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Sistem starter dibuat untuk menggantikan metode engkol manual yang biasanya digunakan untuk kendaraan tua-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lagi terburu-buru bekerja, ingin menghidupkan motor tapi motor tidak bisa distarter pasti menjadi hal yang menyebalkan untuk memulai hari. 

Motor yang tidak bisa distarter terkadang menjadi suatu kendala yang tidak bisa diduga-duga, sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dan cara mengatasinya dengan menyimak informasi di bawah ini. 

Sistem starter dibuat untuk menggantikan metode engkol manual yang biasanya digunakan untuk kendaraan tua. Sistem starter bekerja dengan memberikan tenaga putar untuk mesin ketika akan menyala.

Mekanisme tersebut berjalan dengan proses perubahan energi dari energi listrik menjadi mekanik.

Jika mengamatinya melalui tampilan luar kendaraan motor, ada tombol starter yang terletak di bagian setir. Dengan sistem starter, untuk menyalakan motor, Anda hanya perlu memutar kunci motor dan menekan tombol tersebut. 

BACA JUGA:Simak Spesifikasi dan Harga Terbaru Honda Sonic 150R: Harga Cuman Rp 20 Jutaan

Kendati berhasil membuat sederhana nyalanya mesin, starter kerap mengalami kerusakan.

Lantas, kenapa motor tidak bisa distarter? Penyebab motor tidak bisa distarter melibatkan beragam faktor. Untuk mengetahui lebih dalam, simak penjelasan berikut.

Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter

Ada sejumlah penyebab motor tidak bisa distarter kasus ini dapat terjadi karena sebab-sebab sederhana ataupun kompleks.

Mulai dari kotornya tombol, aki yang sudah tidak bagus, sensor rem rusak, hingga klep yang tidak tertutup. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab motor tidak bisa distarter.

1. Saklar starter kotor

Motor yang jarang digunakan kerap mengalami permasalahan ini. Kasus tersebut terjadi lantaran tombol starter terganjal oleh debu sehingga sambungan menuju kelistrikan menjadi terhambat.

BACA JUGA:Bakal Masuk Indonesia? Simak Spesifikasi Fitur Basalt Vision, Mobil SUV Coupe Terbaru dari Citroen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: