Mengenal Apa Itu Cicilan Kartu Kredit dan Cara Pembayarannya

Mengenal Apa Itu Cicilan Kartu Kredit dan Cara Pembayarannya

ketika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar belanja maka pinjaman yang kamu miliki untuk kartu kredit besarnya sama dengan jumlah belanjaan tersebut--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu bentuk cicilan yang paling umum digunakan saat ini adalah cicilan kartu kredit. Sesuai dengan namanya cicilan ini memang membutuhkan kartu yang nantinya dijadikan sebagai angsuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biar kamu nggak bingung jangan lupa cek apa itu cicilan kartu kredit dan cara pembayarannya.

Apa yang dimaksud cicilan kartu kredit? Sebutan lain dari cicilan kartu kredit ini adalah paylater hanya saja bedanya untuk kartu kredit beneran pakai kartu namun untuk paylater nggak menggunakan kartu. Lama cicilannya juga beda-beda tergantung masa pembayaran yang diinginkan bahkan sampai dengan 24 bulan.

BACA JUGA:Sempat Hilang, Korban Tenggelam di Pantai Pasir Putih Bengkulu Berhasil Ditemukan

Apakah ada kartu kredit yang bisa cicilan 24 bulan? Jawabannya ada karena tenggat waktu pembayaran ini beragam banget sesuai dengan tenor yang diinginkan. Secara umum cicilan kartu kredit menggunakan tenor 3,6,12 sampai dengan 24 untuk yang paling lama. Hanya saja semakin lama waktu biasanya bunga dan total yang dibayar juga makin banyak.

Cara Kerja Cicilan kartu kredit
Setelah memahami pengertian cicilan kartu kredit maka selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah tentang cara menggunakan kartu kredit untuk cicilan. kartu kredit banyak digunakan belanja untuk mempermudah pengguna tanpa perlu bawa uang cash jadi hanya pakai kartu saja semuanya bisa langsung terpenuhi dengan mudah.

BACA JUGA:Bejat, 6 Tahun Lelaki di Bengkulu Utara Ini Gauli Anak Tiri, Modusnya Minta Pijit

Jadi, ketika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar belanja maka pinjaman yang kamu miliki untuk kartu kredit besarnya sama dengan jumlah belanjaan tersebut. Pembayaran dengan kartu kredit biasanya pengguna harus memberikan kartunya ke kasir sebagai tanda pembayaran dan memasukkan PIN untuk tingkat keamanan yang lebih baik.

Kelihatannya memang simpel namun jika ditinjau lebih mendalam pembayaran dengan kartu kredit ini prosesnya panjang. Kartu kredit yang digesek memungkinkan proses verifikasi pada penerbit kartu kredit kemudian bakalan muncul pesan penerimaan atau penolakan sesuai hasil verifikasi yang dilakukan. Jika disetujui maka kamu bisa membeli produk tersebut dengan pembayaran kartu kredit.

Perlu dipahami bahwa setiap macam kartu kredit punya limit dan batas nominal penggunaan yang beda-beda. Hal ini menjadi salah satu keuntungan penggunaan kartu kredit dibandingkan belanja dengan tunai. Jadi, kamu bakalan mengikuti batas kontrol yang diberikan dan nggak bakalan boros lebih dari batas limit yang diberikan pada kartu kredit milikmu.

BACA JUGA:Wasiat Mbah Moen untuk Mengatasi Rezeki Seret, Kerjakan Mulai Sekarang

Cara Membayar Kartu Kredit
Setelah tahu cara kerjanya kamu juga perlu tahu cara membayar kartu kredit biar nggak sampai nunggak nantinya. Secara umum cara membayar kartu kredit adalah bisa membayar sebelum batas tempo setiap akhir setoran bulannya. Hanya saja setiap jenis kartu kredit memang punya ketentuannya masing-masing.

Biasanya bank akan memberikan pemberitahuan tagihan 2-3 hari menjelang tenggat waktu dan jika terlambat kamu wajib membayarkan denda. Cara paling mudah untuk bayar tagihan kartu kredit ini adalah dengan autodebet maksudnya nanti rekeningmu bakalan langsung terpotong sesuai jumlah cicilan atau tagihan kartu kreditnya jadi kamu nggak perlu repot pergi ke mana-mana.

BACA JUGA:Perlu Diwaspadai Umat Muslim, 4 Hal Ini Bisa Menghalangi Datangnya Rezeki

Namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membayar kartu kredit seperti langsung ke bank, membayar lewat ATM, pakai M-Banking dan menggunakan mitra atau gerai yang bekerjasama dengan bank terkait.

Cara Membayar Cicilan dengan Kartu Kredit
Apakah bisa membayar cicilan dengan kartu kredit? Jawabannya adalah bisa hal ini sesuai dengan syarat ketentuan cicilan yang dimaksud. Sehingga ketika kamu punya cicilan tertentu dan punya kartu kredit maka bisa langsung disatukan saja biar lebih mudah dan praktis tanpa perlu bayar mencar-mencar dan tentunya bunga bakalan lebih hemat.

BACA JUGA:Berlaku Sepanjang Tahun 2024, DANA Games Hematnya Terus-terusan! Tiap Transaksi Diskon Sampai Dengan 10%

Kamu bisa membeli produk apapun dengan cara cicilan yang nantinya langsung masuk ke tagihan kartu kredit milikmu. Saat ini sudah banyak e-commerce dan merchant yang bekerja sama dengan jenis kartu kredit tertentu untuk mempermudah penggunanya dalam belanja.Semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: