Ampuh Turunkan Berat Badan! Berikut Pengertian, Tahapan, Dan Manfaat Diet Water Fasting

Ampuh Turunkan Berat Badan! Berikut Pengertian, Tahapan, Dan Manfaat Diet Water Fasting

Water fasting merupakan salah satu metode diet yang banyak diterapkan untuk mengurangi berat badan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu metode diet yang ampuh turunkan berat badan adalah water fasting atau diet air putih.

Metode diet ini merupakan metode diet yang dilakukan dengan hanya mengonsumsi air putih tanpa mengonsumsi makanan atau minuman lain. 

Namun, Anda perlu berhati-hati, karena diet ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar.

Water fasting merupakan salah satu metode diet yang banyak diterapkan untuk mengurangi berat badan, menghilangkan racun dalam tubuh, hingga sebagai persiapan sebelum operasi. 

Selama menjalani diet ini, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman apa pun kecuali air putih, sehingga tidak ada kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

BACA JUGA:Inilah Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung dan Cara Mudah Membuatnya

Mengapa air putih? Karena selain tidak mengandung kalori, air putih juga terbukti sangat baik untuk kesehatan. Lantas, bagaimana cara melakukan diet water fasting? Simak ulasan di bawah ini. 

Cara Melakukan Diet Water Fasting

Meski belum ada aturan yang pasti mengenai cara melakukan diet water fasting yang benar, namun agar diet ini tidak malah membahayakan kesehatan Anda, ikutilah beberapa fase berikut ini:

  • Fase pradiet

Apabila Anda belum pernah melakukan water fasting sebelumnya, persiapkan diri Anda 3-4 hari sebelumnya dengan makan dalam porsi kecil atau melakukan puasa beberapa jam dalam sehari.

  • Fase diet (24-72 jam)

Selama diet berlangsung, Anda dianjurkan untuk minum 2-3 liter air putih per hari. Diet ini dapat dilakukan selama 24-72 jam dan sebaiknya tidak dilakukan lebih dari jangka waktu tersebut tanpa pengawasan dokter, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Sebaiknya, hindari aktivitas yang membutuhkan fokus penuh, seperti mengendarai kendaraan atau mengemudikan alat berat, untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau cedera.

BACA JUGA:Ini Dia Bahaya Mie Instan Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

  • Fase pascadiet

Saat mengakhiri diet, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan kecil atau jus. Setelah itu, Anda dapat meningkatkan asupan makanan secara perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: