Anggaran Pendidikan 31 Persen

Anggaran Pendidikan 31 Persen

TAIS, BE- Anggaran pendidikan di Kabupaten Seluma tahun 2013 ini mencapai 31 persen APBD. Dengan demikian, jumlah tersebut telah melampaui jutlak dari undang-undang  yang mengharuskan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN dan APBD untuk daerah.

“Kita mengharapkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma untuk dapat memanfaatkan alokasi dana tersebut dan bisa menggunakan sebaiknya serta mempriritaskan kegunaannya,” ujar Junaidi SP.

Bebernya, APBD Kabupaten Seluma  tahun ini sebesar Rp 631,8 miliar. Jumlah anggaran pendidikannya sebesar Rp 194 milliar. Yang terdiri dari Rp 125 miliar yang dialokasikan untuk UPTD Cabang Dinas Dispendik (Cabdin). Namun, anggaran tersebut sudah termasuk pembayaran gaji guru dan juga operasional lainnya.

Ditambahkan, sebesar Rp 69 milliar untuk anggaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma  sendiri dan sudah termasuk dana alokasi khusus (DAK) tahun 2013 ini. Menurutnya, anggaran yang sudah dialokasikan dalam APBD Kabupaten Seluma tersebut harus dikelola dengan baik. Serta bisa digunakan untuk memajukan pendidkan di Kabupaten Seluma saat ini.

“Untuk dana rehap sejumlah sekolah nantiknya dapat melibatkan tim yang akan menentukan sekolah mana saja yang akan menerima dana rehab sekolah tersebut sehingga pembangunan sekolah benar-benas tepat sasaran,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp 194 miliar lebih tersebut sudah termasuk untuk pembayaran gaji guru di Kabupaten Seluma selama satu tahun. Sementara itu, untuk rehab sekolah yang akan dikerjakan tahun 2013 ini. Ketua Komisi II itu mengharapkan kepada Dispendik Seluma untuk dapat mendata dan juga memprioritaskan sekolah yang memang membutuhkan rehab gedung. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: