5 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

5 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Beragam manfaat mandi air hangat untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada beragam manfaat jika mandi dengan menggunakan air hangat. Selain mengatasi suhu air yang dingin, mandi dengan air hangat juga dapat meredakan keluhan penyakit tertentu dan baik bagi kesehatan mental. 

Biasanya air hangat kerap digunakan untuk mengompres pada saat demam atau mengompres bagian tubuh saat sedang mengalami nyeri atau pegal, seperti perut atau punggung. 

Selain dengan kompres air hangat, Anda juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat untuk meredakan keluhan tersebut, bahkan bisa juga digunakan sebagai perawatan kulit wajah.

Lantas, kenapa air hangat dapat memberikan manfaat pada tubuh?. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih relaks setelah mandi air hangat.

BACA JUGA:Bila Tak Ingin Rezeki Membawa Musibah, Syekh Muhammad Jaber: Jangan Lakukan Hal Ini

Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Selain beberapa hal di atas, ada beragam manfaat mandi air hangat untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Meredakan nyeri otot

Saat otot tubuh terasa nyeri dan tegang, mandi air hangat bisa menjadi solusinya. Aktivitas ini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan nyeri otot, termasuk menghilangkan pegal di tangan. 

Selain itu, mandi air hangat juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur, Anda bisa mencoba mandi air hangat untuk mengatasinya. Mandi air hangat dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat kualitas tidur meningkat.

Bahkan, dengan mandi air hangat 1,5–2 jam sebelum tidur, suasana hati Anda dapat meningkat sehingga Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas pada keesokan harinya.

BACA JUGA:Bisa Turunkan Kualitas Hidup, Begini Risiko Tidak Mengontrol Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: