Jangan Salah Pakai, Berikut Cara Pemakaian Retinol yang Benar

Jangan Salah Pakai, Berikut Cara Pemakaian Retinol yang Benar

Cara pakai retinol yang benar agar manfaatnya untuk kulit bisa diperoleh secara maksimal-Pinterest -

6. Bersihkan wajah sebelum pakai retinol

Sebelum mengoleskan retinol ke kulit, bersihkan dahulu wajah Anda menggunakan sabun pembersih wajah. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

Jangan langsung mengoleskan retinol ke kulit yang masih basah karena bisa menyebabkan iritasi. Agar lebih aman, berikan jeda setidaknya 30 menit setelah cuci muka, sebelum Anda mengoleskan retinol.

BACA JUGA:Begini Dampak dan Risiko Jika Ganti Oli Samping yang Tidak Sesuai

7. Hindari pemakaian retinol bersamaan dengan bahan peeling

Selama menggunakan retinol, hindari melakukan perawatan pengelupasan kulit mati, seperti scrub, peeling, atau mikrodermabrasi. 

Hindari juga menggunakan produk skincare lain dengan bahan yang bisa membuat kulit terkelupas, misalnya AHA (alpha-hydroxy acid), BHA (beta-hydroxy acid), asam salisiliat, dan vitamin C.

Itulah cara pakai retinol yang benar dan harus diketahui oleh para pemula. Bila digunakan dengan tepat, retinol dapat membuat kulit wajah menjadi mulus, cerah, serta tampak lebih muda, sementara risiko terjadinya iritasi dan efek samping lain bisa diminimalkan.

Perawatan dan penggunaan bahan-bahan tersebut bersama retinol bisa menyebabkan kulit iritasi, luka, atau mengalami breakout. 

Jadi, sewaktu Anda melakukan perawatan kulit di rumah sakit atau klinik kecantikan, jangan lupa memberi tahu dokter bila Anda sedang menggunakan retinol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: