Slugging, Perawatan Kulit Wajah agar Lebih Sehat dan Kenyal

Slugging, Perawatan Kulit Wajah agar Lebih Sehat dan Kenyal

Slugging adalah teknik perawatan kulit wajah yang terinspirasi dari lendir siput yang lengket dan basah--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Slugging adalah teknik perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan mengoleskan petroleum jelly ke kulit wajah sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. Metode ini dianggap bisa membuat kulit wajah lebih kenyal dan lembap. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai selesai.

Slugging adalah teknik perawatan kulit wajah yang terinspirasi dari lendir siput yang lengket dan basah, tapi bukan dengan menggunakan siput atau lendir siput betulan, ya. Teknik Slugging menggunakan petroleum jelly sebagai bahan dasar perawatannya. Selain mampu membuat kulit wajah jadi sehat dan lembap, cara ini juga murah, praktis, dan mudah dilakukan di rumah.

BACA JUGA:Agar Amanah dan Bertanggung Jawab, Amalkan Doa Berikut Saat Mendapatkan Jabatan

Manfaat Slugging untuk Kulit Wajah
Karena menggunakan petroleum jelly sebagai bahan utamanya, slugging bisa memberikan beragam manfaat untuk kulit wajah:

- Melembapkan kulit
- Mengatasi kulit kering
- Membuat kulit jadi lebih lembut dan kenyal
- Memperbaiki kulit yang rusak dan kasar
- Melindungi kulit dari paparan debu, kuman, atau bahan iritatif
- Memperbaiki skin barrier
- Membantu menyembuhkan luka di wajah, seperti bekas jerawat

Begini Cara Melakukan Slugging
Untuk mendapatkan beragam manfaat di atas, kamu perlu melakukan slugging dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa tahapan slugging yang perlu dilakukan:

BACA JUGA:Gerindra Mulai Buka Penjaringan Walikota dan Wakil, Peluang Besar untu Kader dan Non Kader

1. Bersihkan kulit wajah
Slugging sebaiknya dilakukan pada kulit yang bersih. Artinya, kamu perlu membersihkan kulit wajah terlebih dahulu dengan sabun atau micelar water. Setelah bersih, lanjutkan dengan menggunakan skincare malam yang biasa kamu gunakan. Saat menggunakan skincare malam, hindari untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA, vitamin C, dan retinoid, ya. Pasalnya, kedua kandungan tersebut bisa mengiritasi kulit wajah jika terperangkap di bawah lapisan proteleum jelly.

2. Oleskan petroleum jelly ke wajah secara merata
Selanjutnya, oleskan petroleum jelly tipis-tipis ke kulit wajah secara merata. Karena teksturnya yang lengket dan padat, kamu tidak perlu mengoleskan petroleum jelly terlalu banyak. Selain kulit wajah, kamu juga boleh mengoleskannya ke bagian bibir supaya kulit di area ini tidak kering. Namun, jangan sampai petroleum jelly masuk ke mata, hidung, atau mulut.

3. Biarkan meresap
Setelah mengoleskan petroleum jelly, jangan langsung tidur, ya. Kamu perlu membiarkan emolien ini meresap ke dalam kulit wajah setidaknya 30 menit. Untuk mencegah petroleum jelly mengotori rambut atau bantal, kamu bisa meletakkan handuk di atas bantal sebagai alas kepala saat tidur.

BACA JUGA:7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

4. Diamkan semalam
Selanjutnya, kamu bisa tidur dengan nyenyak dan diamkan petroleum jelly semalaman. Tidak perlu takut lengket karena zat ini akan meresap perlahan pada kulit wajahmu.

5. Bersihkan kulit wajah saat pagi hari
Nah, keesokan harinya saat bangun tidur, bersihkan kulit wajah dengan sabun yang sesuai jenis kulitmu. Untuk kulit yang sensitif, pemilihan sabun wajah dengan busa sedikit dianggap lebih baik karena tidak membuat kulit jadi kering.Setelah dibersihkan, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk perlahan menggunakan handuk berbahan lembut.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mencoba Slugging
Meski bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah, sayangnya teknik perawatan kulit ini tidak cocok untuk semua jenis kulit. Petrolleum jelly memiliki kadar minyak yang tinggi dan tekstur yang lengket sehingga kurang cocok untuk orang dengan kulit berminyak.

BACA JUGA:45 Anggota DPRD Terpilih Segera Dilantik, Berikut Nama-namanya

Pada kulit yang berminyak, petroleum jelly bisa menumpuk di wajah dan menyumbat pori-pori, sehingga wajah bisa makin berminyak, berkomedo, dan jerawatan. Selain kulit berminyak, slugging juga tidak cocok untuk jenis kulit sensitif dan berjerawat. Ini karena bahan-bahan iritatif yang terperangkap di bawah lapisan petroleum jelly bisa membuat kulit gampang iritasi dan meradang. Jadi, teknik slugging hanya cocok pada kulit kering dan normal ya, karena manfaatnya untuk menghidrasi kulit.

Selain itu, slugging tidak perlu dilakukan setiap hari. Kamu cukup melakukan teknik ini sebanyak 1–2 kali seminggu. Agar manfaatnya bisa lebih optimal, lanjutkan dengan penggunaan produk skincare sesuai jenis kulitmu. Slugging umumnya termasuk teknik skincare yang aman dan mudah dilakukan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: