Amalkan Amalan Ini, Baik Lisan Maupun Dalam Hati, Ustaz Abdul Somad: Kesulitan Hidup Akan Dilapangkan

Amalkan Amalan Ini, Baik Lisan Maupun Dalam Hati, Ustaz Abdul Somad: Kesulitan Hidup Akan Dilapangkan

Ustaz Abdul Somad bagikan amalan untuk melapangkan hidup-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ustaz Abdul Somad mengungkapkan bahwa salah satu pahala yang diberikan Allah melalui Istighfar adalah pembebasan dari kesulitan hidup serta pengalaman kelapangan yang berkelanjutan.

Istighfar, baik diucapkan secara lisan maupun dalam batin, merupakan bagian dari dzikir kepada Allah SWT.

Dalam penjelasannya, Ustaz Abdul Somad menyoroti keutamaan bagi umat Islam yang rajin mengamalkan Istighfar.

Menurut Ustaz Abdul Somad, ada tiga manfaat yang akan diperoleh oleh umat Islam yang konsisten dalam membaca Istighfar.

BACA JUGA:Agar Harta Semakin Bertambah, Ustaz Abdul Somad Sarankan Rutin Mengamalkan Amalan Agar Rezeki berkah Berikut

BACA JUGA:Selain Anjing, Malaikat Rahmat Juga Tak Masuk ke Rumah Bila Ada Hal Ini, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Istighfar bisa dibaca kapan saja, termasuk disarankan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca setelah shalat. Nabi Muhammad SAW menjanjikan tiga hal bagi mereka yang rajin memperbanyak, mengucapkan, merenungkan, dan mengamalkan Istighfar secara terus-menerus.

"Segala kesulitan atau kesusahannya diberikan kelapangan, setiap masalah atau kesempitan diberikan Allah solusi, dan Allah berikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka," kata Ustaz Abdul Somad.

Dalam perjalanan hidupnya, manusia sering dihadapkan pada kesulitan. Sebagian orang mungkin berpaling dari Allah dan mencari kesenangan duniawi, yang pada akhirnya hanya menimbulkan lebih banyak stres.

Namun, kembali kepada Allah adalah jalan keluar terbaik. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengamalkan Istighfar secara rutin.

"Dalam hidup ini adakalanya buntu, terjebak dalam ruang sempit gelap sehingga nafas pun sesak, tapi ketika tampak ada lobang cahaya maka ada harapan, begitulah Allah memberikan harapan bagi orang yang sudah hidup sesuai aturan Allah," jelas Ustaz Abdul Somad.

Dengan Istighfar, Allah memberikan kelapangan dalam situasi yang dirasa sempit. Ustaz Abdul Somad menekankan bahwa bagi yang rajin mengamalkan Istighfar, tidak ada halangan antara dirinya dan surga kecuali kematian.

"Andai orang itu mati maka masuk surga, namun bukan asal mengucap istighfar di mulut saja namun penuh dengan perenungan, sebab istighfar adalah kalimat yang diucapkan mulut berawal dari hati," papar Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan hadis Nabi Muhammad SAW tentang berbagai bacaan Istighfar, mulai dari yang pendek hingga yang panjang, di antaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: