10 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan: Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Kurangi Risiko Kanker

10 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan: Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Kurangi Risiko Kanker

Kol ungu atau yang sering disebut juga sebagai kol merah ini masih termasuk dalam keluarga Brassicaceae-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kol ungu menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun kol biasanya dikonsumsi dengan diolah menjadi salad. 

Warna ungu cerah pada sayur yang satu ini membangkitkan selera makan ini berasal dari antosianin, yaitu senyawa antioksidan dengan beragam khasiat, salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. 

Kol ungu atau yang sering disebut juga sebagai kol merah ini masih termasuk dalam keluarga Brassicaceae, sama seperti kol (kubis), brokoli, dan kembang kol. 

Manfaat Kol Ungu 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kol ungu mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, kol ungu termasuk sayuran rendah kalori. Dalam 89 gram atau sekitar 1 mangkuk kecil kol ungu hanya terkandung 28 kalori saja. 

Meskipun kalorinya rendah, nutrisi lainnya melimpah. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kol ungu yang bisa kamu peroleh bila mengonsumsinya secara rutin: 

BACA JUGA:Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan, Berikut 10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan 

Rendahnya kandungan kalori dalam kol ungu membuatnya cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. 

Selain itu, sayuran yang juga bisa dihidangkan sebagai lalap ini kaya akan serat dan air yang membuatmu kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu mengendalikan nafsu makan.  

2. Memperkuat daya tahan tubuh 

Kandungan vitamin C dalam 1 mangkuk kol ungu tidak berbeda jauh dengan 1 buah jeruk, lho. Vitamin C sendiri diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsi sel darah putih yang bertugas memerangi infeksi. 

Selain vitamin C, peran kol ungu dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga didukung oleh kandungan vitamin A di dalamnya. 

BACA JUGA:Dikonsumsi Sebagai Teh Herbal, Simak Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: