Simak Tips Mudah Cara Belajar Motor Kopling

Simak Tips Mudah Cara Belajar Motor Kopling

Aspek yang perlu diketahui para pengendara untuk bisa menggunakan motor kopling-Pinterest -

BENGKULUEKPRESS.COM - Jika kamu ingin belajar menggunakan motor kopling, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan mulai dari urutan gigi hingga tips penarikan tuasnya.

Tuas kopling yang ditarik mengakibatkan pelat penekan memendek. Sistem mekanik tersebut memisahkan gesekan dan pelat baja sehingga masing-masing komponen bekerja mandiri.

Sambungan antara transmisi dan mesin pun terputus seandainya tuas ditarik, roda belakang motor tak memperoleh tenaga. 

Cara menggunakan motor kopling setelah ditarik akan dilepaskan perlahan, menghubungkan kembali komponen yang sebelumnya putus.

Penggerak motor kopling berbeda dengan motor gigi dan matic. Kendaraan kopling dilengkapi part kopling manual yang bisa mengatur jalur pemutus, sementara matic dan gigi sudah memakai kopling otomatis.

BACA JUGA:Intip 6 Tips Menang Kegiatan Lelang Mobil Hanya di Rumah Saja

Tips Belajar Motor Kopling

Cara belajar motor kopling dapat dipraktekkan secara langsung dengan memperhatikan beberapa tips. Berikut ini sejumlah aspek yang perlu diketahui para pengendara untuk bisa menggunakan motor kopling.

1. Siapkan diri 

Kesiapan diri seseorang memengaruhi proses kecepatan belajarnya, begitu juga ketika berkendara. Pastikan tubuh Anda sehat secara rohani maupun jasmani agar proses belajar motor kopling berjalan lancar.

Kendaraan biasanya akan mati karena pelepasan kopling yang tidak selaras. Pemula bisa memilih pilihan belajar motor kopling di tempat sepi, kemudian melanjutkan ke tempat yang lebih ramai agar terbiasa.

2. Belajar melepaskan tuas kopling

Anda bisa menarik tuas kopling yang berada di stang sebelah kiri ketika menyalakan motor. Tips melepaskan tuas kopling motor dilakukan secara perlahan hingga motor bergerak lambat (gigi 1 atau dua).

Saat kendaraan tersebut sudah melaju tipis, tambahkan lagi kecepatannya dengan menarik tuas gas diiringi pelepasan kopling yang lebih jauh. Pastikan irama kopling dan gas selaras agar mesin motor tidak mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: