Cegah Gangguan Mental, Simak 5 Manfaat Pikiran Positif untuk Kesehatan

Cegah Gangguan Mental, Simak 5 Manfaat Pikiran Positif untuk Kesehatan

5 manfaat dari berfikir positif untuk kesehatan mental-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penahkah kamu mendengar uangkapan "Penyakit berasal dari pikiran" ungkapan tersebut benar adanya pasalnya mereka yang cenderung punya pikiran negatif akan sulit menghadapi dan mencari solusi dari permasalahan yang sedang terjadi. 

Hal tersebut dapat berbengaruh pada sistem kerja pad tubuh, semisalnya saja kerika banyak makanan sebagian orang akan enggan mengonsumsi makanan, tindakan tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti salam lambung. 

Oleh karena itu, kita selalu disarankan untuk berfikir positif. Ada sejumlah manfaat yang dapat dirasakam jika terbiasa berpikir positif, baik untuk kesehatan mental maupun fisik. Berikut manfaatnya yang dikutip dari laman alodokter.com. 

BACA JUGA:Berapa Lama Melahirkan setelah Keluar Flek Coklat?

1. Mengelola stres lebih baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pikiran positif dapat membuat seseorang lebih baik dalam menghadapi masalah, bahkan sebuah kegagalan.

Alih-alih tenggelam dalam rasa frustrasi, orang yang terbiasa berpikir positif akan berusaha mencari jalan keluar dari kegagalan tersebut.

Hal ini membuat orang yang terbiasa berpikir positif lebih tangguh dalam menghadapi tekanan, sehingga tidak mudah stres.

Saat mengalami stres, orang yang terbiasa berpikir positif juga bisa menghadapinya dengan baik dan cenderung tidak melampiaskan stres dan tekanan yang dirasakan dengan cara yang negatif, seperti makan berlebihan (stress eating), merokok, atau mengonsumsi minuman beralkohol.

BACA JUGA:Begini Cara Mencegah Kolesterol Naik Cetelah Lebaran

2. Mengurangi risiko gangguan mental

Pikiran positif juga diketahui berperan penting dalam mengurangi risiko seseorang untuk terkena gangguan mental, misalnya gangguan cemas, insomnia, dan depresi. 

Hal ini karena orang yang sering berpikir positif bisa mengatasi dan mengelola stres dengan lebih baik, serta lebih semangat dalam menghadapi tantangan hidup.

Berbeda dengan orang yang berpikir positif, orang yang pesimis justru cenderung berasumsi bahwa masalah yang dihadapi berada di luar kendali dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengubahnya menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: