Simak 5 Penyebab dan Tips Atasi Mobil Berasap

Simak 5 Penyebab dan Tips Atasi Mobil Berasap

Penyebab dan cara mengatasi mobil yang mengeluarkan asap dari knalpot-Pinterest -

2. Melepas dan mengganti saluran PCV

Cara mengatasi mobil keluar asap yang disebabkan oleh kerusakan PCV adalah dengan melepas dan mengganti saluran PCV.

Anda dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengecek apakah terdapat kebocoran akibat kerusakan pada separator. Jika ditemukan adanya kerusakan, maka melakukan penggantian PCV merupakan langkah yang bisa dilakukan.

3. Perbaiki selang udara

Selain saluran PCV, periksa juga bagian selang udara yang mengarah ke mesin turbo. Cek apakah ada bekas atau tetesan oli bocor yang bisa memicu munculnya masalah asap putih pada mobil. Jika benar ada jejak tersebut, maka Anda perlu melepas selang tersebut dan segera perbaikinya.

4. Ganti kepala silinder

Kepala silinder yang rusak atau retak bisa membuat oli menetes ke ruang pembakaran mesin mobil. Oleh karena itu, jika Anda menemukan masalah ini, maka Anda perlu untuk segera menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA:Jenis Power Steering Mobil Serta Kelebihan dan Kekurangannya

5. Mengganti seal katup

Seal katup berfungsi untuk memastikan udara yang masuk ke ruang pembakaran sesuai dengan kebutuhan. Jika seal katup aus atau terdapat kerak oli, maka hal tersebut dapat mengganggu aliran udara yang masuk dan menyebabkan pembakaran menjadi tidak optimal. 

Bahkan kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran oli ke dalam ruang pembakaran. Oleh karena itu, mengganti seal katup mobil bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah keluarnya asap putih dari knalpot.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil keluar asap 5dari knalpot. Oleh karena itu, perawatan dan pemeriksaan rutin setiap bulannya dapat membantu mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan peda mobil seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga membantu ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: