Agar 8 Pintu Surga Terbuka Lebar, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Amalkan Doa Ini Setelah Wudhu

Agar 8 Pintu Surga Terbuka Lebar, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Amalkan Doa Ini Setelah  Wudhu

Ustaz Adi Hidayat jelaskan keuatamaan doa setelah wudhu untuk membuka pintu surga-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Membaca doa setelah wudhu merupakan amalan ibadah yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya membaca doa setelah berwudhu sebagai langkah untuk menyempurnakan wudhu.

Hal ini juga terdokumentasikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

BACA JUGA:Ingin Puasa Syawal, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Tata Caranya, Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

BACA JUGA:Daftar Amalan di Bulan Syawal, Ustaz Adi Hidayat Imbau Lakukan Ini

"Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) 'Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.' Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau," (HR Tirmidzi).

Berwudhu adalah salah satu amalan wajib untuk mensucikan diri dari hadas sebelum melaksanakan ibadah sholat.

Tanpa melakukan berwudhu terlebih dahulu, sholat yang dilakukan dianggap tidak sah karena tidak memenuhi syarat sahnya sholat. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam Al-Quran, Surah Al-Maidah ayat 6:

 يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki,".

Doa setelah wudhu sendiri pernah disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh akun TikTok @yaniaj950.

Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa orang yang membaca doa setelah berwudhu akan dibukakan 8 pintu surga.

BACA JUGA:Walaupun Sudah Kenal, Apakah Boleh Berjabat Tangan dengan Bukan Mahram, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: