Lele Diserang Infeksi Jamur, Ini Cara Mengatasinya

Lele Diserang Infeksi Jamur, Ini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi lele yang terkena jamur-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Seperti budidaya ikan lain pada umumnya, budidaya ikan lele pun tidak lepas dengan serangan hama dan penyakit.

ama dan penyakit yang cukup sering menyerang ikan lele di kolam budidayanya adalah infeksi jamur yaitu jamur Saproglenia sp atau penyakit jamur pada ikan lele.

Apabila dibiarkan, jamur akan menyebar ke seluruh tubuh ikan lele dan menyebabkannya mati. Bagi petani lele, tentu hal ini berbuntut pada penurunan produksi dan kerugian yang besar.

BACA JUGA:Ingin Sukses Beternak Ayam Kampung? Ikuti Cara Ini

BACA JUGA:Peternak Wajib Tahu! Daftar Nama PT Kemitraan Ayam Broiler

Sangat penting bagi pembudidaya ikan lele untuk memperoleh informasi lengkap mengenai penyakit jamur pada ikan lele sehingga tindakan pengobatan dan pencegahan dapat dilakukan.

Gejala penyakit jamur pada ikan lele :

Tanda-tanda ikan lele terjangkit penyakit jamur tidak sulit untuk diketahui. Berikut adalah gejala umum yang sering muncul saat ikan lele terserang jamur Saprolegnia sp :

1. Muncul bintik putih

2. Sering mengambang

3. Bergerak lambat

4. Kumis menjadi keriting :

Penyebab Penyakit Jamur Pada Lele :

Lele yang berumur 2 bulan sangat rentan terkena penyakit jamur. Penyakit jamur pada lele disebabkan oleh berbagai faktor. Jamur tidak serta merta menjangkiti ikan lele jika tidak ada penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab jamur muncul dan menginfeksi lele di kolam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: