Tips Jitu Persiapan Lebaran di Rumah, untuk Menyambut Idul Fitri Semakin Meriah

Tips Jitu Persiapan Lebaran di Rumah, untuk Menyambut Idul Fitri Semakin Meriah

Libur lebaran di rumah bisa dibuat seru dan mengesankan, lho! Ini beberapa ide aktivitas lebaran di rumah bersama keluarga.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak terasa sebentar lagi tiba waktunya kita merayakan lebaran setelah berpuasa sebulan lamanya. Menyambut lebaran diidentikkan dengan hari yang sibuk karena perlu menyiapkan banyak hal, entah untuk mudik ataupun menyambut tamu.

Sudah punya rencana? Bagi Anda yang tahun ini berencana merayakan hari raya Idul Fitri di rumah saja, coba simak berbagai macam persiapan lebaran di rumah berikut.

1. Membersihkan Rumah
Kegiatan menyambut hari raya Idul Fitri yang sebaiknya tak dilewatkan, yaitu bersih-bersih rumah. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan, apalagi jika nantinya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

BACA JUGA:Ini Dia Ide Buah Tangan untuk Silaturahmi ke Rumah Teman & Saudara

Mulailah dari menyapu seluruh ruangan, mengelap jendela dan perabotan, membersihkan debu di sudut ruangan dan langit-langit, mengepel, hingga menyemprotkan pengharum ruangan. Intinya, buat rumah Anda sebersih mungkin sehingga dapat berjaga-jaga apabila nantinya ada tamu yang berkunjung.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk mengganti gorden, taplak meja, serta karpet supaya ruangan tampak semakin bersih dan nyaman. Tidak menggantinya terlalu lama justru menyebabkan penumpukan debu dan kotoran, bahkan merusak furniture.

2. Membersihkan Kamar Mandi
Aneka persiapan lebaran di rumah yang bisa dilakukan lainnya, yaitu membersihkan area kamar mandi. Kamar mandi yang bersih, tentu membuat siapapun merasa betah, bukan? Apalagi jika nantinya ada tamu yang berkunjung lalu ingin meminjam toilet, buat mereka tidak merasa risih ketika berada di sana!

Bersihkanlah area kamar mandi dari lantai, kloset, bak mandi, gayung, shower, serta dinding untuk menghilangkan lumut dan kerak yang menyebabkan licin. Gunakan pembersih yang tepat supaya dapat membersihkan secara menyeluruh tanpa merusak. Selain itu, tambahkan pula pengharum toilet untuk meminimalisir bau tak sedap.

BACA JUGA:Bolehkah Melakukan Hubungan Suami Istri Di Malam Takbiran, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

3. Berbelanja Kebutuhan Lebaran
Bersih-bersih memang perlu, namun berbelanja kebutuhan lebaran tak kalah penting meskipun Anda merayakannya di rumah. Barang-barang yang perlu dibeli untuk menyambut hari raya, misalnya perabotan baru, perlengkapan untuk membuat hampers sendiri, perlengkapan untuk menyambut tamu, dan sebagainya.

Buatlah list kebutuhan lebaran apa saja yang perlu untuk dibeli. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengatur budget agar tidak terlalu boros.

4. Belanja Bahan Makanan
Jangan lupa belanja bahan makanan untuk membuat jajanan ataupun masakan khas lebaran! Menjelang hari raya, mulai banyak orang berbelanja untuk memasak dan melengkapi kebutuhan pangan di rumahnya. Oleh karena itu, Anda harus segera mempersiapkan diri agar tidak kehabisan, ya!

Buatlah daftar bahan makanan yang diperlukan secara lengkap. Misalnya jika Anda memiliki rencana membuat kue kering dan menu makan khas Idul Fitri, maka tuliskan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya.

BACA JUGA:7 Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Gratis Tercepat, Wajib Kamu Coba!

5. Merawat dan Mempercantik Diri
Bagi sebagian orang, momen lebaran dimanfaatkan untuk tampil menarik. Maka, tak heran jika banyak orang melakukan perawatan sekaligus mempercantik diri agar dapat tampil paripurna pada momen tersebut. Meskipun hanya merayakannya di rumah, merawat diri tak kalah penting. Tujuannya tak melulu mencair perhatian, namun sebagai bentuk mencintai sekaligus memuaskan diri sendiri. Mulailah dari melakukan perawatan wajah, seperti rajin pakai skincare dan masker wajah.

6. Menyiapkan Hampers untuk Orang Terdekat
Macam persiapan lebaran yang bisa dilakukan meskipun hanya di rumah, yaitu menyiapkan parcel atau hampers lebaran untuk orang terdekat. Anda bisa membelinya dalam bentuk jadi ataupun membuatnya sendiri. Cara membuat parcel lebaran sendiri sebenarnya tidak susah, yang penting membutuhkan kreativitas supaya hasilnya cantik.

Sudah menentukan isian hampersnya? Jika kebingungan melakukannya, buatlah isian parcel lebaran yang unik dan terkesan personal. Misalnya memberikan perlengkapan ibadah, pakaian baru, makanan ringan, perlengkapan mandi, ataupun lainnya menyesuaikan budget serta kebutuhan.

BACA JUGA:Performa Gaming Mumpuni di Kelasnya, Ini Spesifikasi dan Harga HP Infinix Hot 30 Free Fire

7. Mendekorasi Ulang Ruangan
Macam-macam persiapan lebaran di rumah yang dapat dilakukan, yakni mendekorasi ulang ruangan untuk mendapatkan suasana baru. Tidak harus melakukan renovasi besar-besaran. Kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya mengecat ulang dinding, mengubah tata letak perabotan, melengkapi atau mengganti perabotan, menambahkan printilan dekorasi, dan sebagainya.

Jika Anda tinggal bersama keluarga, cobalah mendiskusikan hal ini supaya kegiatan dapat dilakukan bersama-sama. Tentukan mana ruangan yang perlu dilakukan dekor ulang dan membutuhkan apa saja untuk melakukannya. Dengan melakukannya, persiapan hari raya terasa lebih ringan dan menyenangkan meskipun cukup sibuk.

8. Mengganti Suasana Kamar Tidur
Pernahkah Anda berpikir untuk mengganti suasana kamar tidur tetapi tak memiliki waktu yang tepat untuk melakukannya? Cobalah melakukannya sambil mempersiapkan lebaran nanti!

Mengganti suasana kamar tidur membantu mengatasi kebosanan sekaligus menciptakan perasaan nyaman, sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Mulailah dari memindahkan posisi perabotan, membuang barang-barang yang tak perlu, membersihkan ruangan, mengganti lampu tidur, hingga menambahkan aneka printilan dekorasi agar tampilan kamar semakin estetik.

BACA JUGA:Tips Perawatan Wajah Pria Agar Tampil Glowing dan Ganteng Maksimal

9. Menyiapkan Jajanan Khas Lebaran
Perayaan Idul Fitri identik dengan jajanan dan kue kering di meja untuk menjamu tamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkannya untuk disuguhkan kepada tamu yang berkunjung nantinya.

Kali ini, Anda membutuhkan tempat untuk menyimpan aneka macam jajanan dan minuman supaya lebih rapi. Macam perlengkapan yang dibutuhkan, misalnya toples, keranjang minuman, nampan untuk meletakkan makanan, dan sebagainya menyesuaikan kebutuhan.

10. Memasak Hidangan Khas Lebaran
Selain kue kering, hari raya Idul Fitri juga identik dengan menu khas lebaran. Contohnya opor ayam, ketupat, gulai, dan rendang. Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk memasak hidangan tersebut? Biasanya, aneka hidangan tersebut nantinya akan dimakan bersama keluarga di rumah setelah melaksanakan shalat ied. Apabila berencana mengadakan open house, persiapkan untuk memasak dalam porsi lebih banyak, ya!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: