Tips Perawatan Wajah Pria Agar Tampil Glowing dan Ganteng Maksimal

Tips Perawatan Wajah Pria Agar Tampil Glowing dan Ganteng Maksimal

Perawatan kulit wajah adalah salah satu bentuk rasa mencintai diri sendiri yang seharusnya tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meskipun identik sebagai hal yang sering dilakukan oleh wanita, namun pada dasarnya pria juga membutuhkan perawatan wajah yang baik. Sebab, wajah yang tampak bersih, sehat dan segar tentu akan membuat diri menjadi lebih percaya diri terlepas dari jenis kelamin pemilik wajah tersebut.

Namun, tekstur wajah pria dikenal lebih tebal dibandingkan dengan wanita. Oleh sebab itu, tidak heran jika untuk membuat wajah tampak glowing dan ganteng pada pria, ada beberapa hal yang berbeda dengan perawatan wajah wanita. Berikut ini beberapa tips perawatan wajah pria untuk tampil glowing dan ganteng maksimal:

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik

1. Memilih Produk Perawatan Sesuai Jenis Kulit
Terlepas dari apapun pekerjaan Anda, seorang pria juga tetap harus menjaga penampilan dengan merawat diri. Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki, apakah tipe kulit berminyak, kering, normal, sensitif atau bahkan kulit kombinasi. Hal ini karena setiap produk skincare diformulasikan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit tertentu.

Setelah mengetahui jenis kulit dan masalah kulit yang Anda hadapi, maka langkah selanjutnya adalah memilih produk perawatan yang tepat. Produk perawatan kulit pria ini tidak perlu neko-neko. Hanya cukup sabun cuci muka, pelembab, toner, dan tabir surya. Harganya juga terbilang terjangkau.

 2. Rajin Membersihkan Wajah
Dengan semua aktivitas di luar rumah dan ruangan, maka tidak heran jika kulit wajah pria cenderung lebih mudah memproduksi minyak dan terkena kotoran dari luar. Akibatnya, ketika sampai di rumah, kulit tampak kucel, kusam dan mudah berjerawat. Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rajin membersihkan wajah begitu sampai di rumah, sebelum tidur.

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara Saat Berpuasa

Tahapan membersihkan muka bisa dimulai dengan milk cleanser atau micellar water yang fungsinya untuk membersihkan minyak serta kotoran yang menempel di pori-pori. Lakukan kebiasaan ini setiap kali selesai beraktivitas, atau saat malam hari sebelum tidur.

Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun cuci muka. Fungsi sabun cuci muka ini adalah untuk membersihkan sisa kotoran supaya wajah bisa lebih bersih. Tidak hanya sekali, proses pencucian wajah ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu sebelum mulai beraktivitas dan sebelum tidur.

3. Menggunakan Basic Skincare
Kebanyakan pria mungkin enggan memakai terlalu banyak produk untuk merawat muka, jadi setidaknya cukup memakai basic skincare saja. Basic skincare yang dimaksud, antara lain cleanser, sabun muka, toner, pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sunscreen) yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan wajah pria malam hari.

Meskipun “basic” namun manfaat dari skincare ini cukup banyak. Toner dibutuhkan oleh kulit pria maupun wanita untuk menghidrasi, mengembalikan pH kulit wajah, membersihkan pori-pori setelah kulit dibersihkan menggunakan face wash. Terkadang setelah dibersihkan, kulit akan terasa kering, nah disinilah peran moisturizer alias pelembab.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat All New Suzuki Ertiga Cruise Hybrid

Pelembab wajah pria dibutuhkan untuk menambah hidrasi pada kulit, sehingga kulit terasa segar dan kenyal. Adapun tabir surya dibutuhkan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan kulit kusam, berkerut dan bernoda hitam.

Sebelum menggunakan basic skincare, pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih supaya produknya dapat menyerap sempurna ke pori-pori. Jangan langsung menumpuk semua produk sekaligus, tetapi biarkan setidaknya 1-2 menit sampai produk menyerap agar hasilnya maksimal.

4. Menggunakan Tabir Surya Sebelum Keluar Rumah
Tips perawatan kulit untuk pria selanjutnya adalah menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah atau keluar ruangan. Dari jenis-jenis base skincare di atas, produk ini adalah produk yang bertugas untuk mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit secara langsung dan menghindarkan kulit wajah dari potensi munculnya flek hitam, kusam, jerawat, penuaan dini hingga kanker.

Pilihlah produk tabir surya atau sunscreen sesuai jenis kulit. Aplikasikan produk setelah basic skincare secara merata ke wajah dan leher. Lakukan pula re-apply atau mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam atau setelah terkena air. Ketika re-apply, usahakan wajah dalam keadaan bersih.

BACA JUGA:Apa Saja Keutamaan dari Puasa Syawal, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

5. Menggunakan Masker Wajah
Rekomendasi perawatan wajah pria yang selanjutnya adalah menggunakan masker wajah. Masker ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menambah hidrasi kulit, sehingga kulit tampak lebih segar, lembab dan halus. Pada dasarnya, masker bukan suatu produk perawatan kulit yang harus Anda miliki, namun tidak ada salahnya untuk menggunakan produk perawatan wajah ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu supaya wajah tampak lebih cerah.

Produk-produk masker wajah dari berbagai brand bisa Anda temukan dengan mudah di toko dan minimarket terdekat dari rumah. Namun jika Anda ingin melakukan perawatan kulit dengan bahan-bahan alami, Anda juga bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan, seperti madu, yoghurt, hingga lemon dan tentunya timun. Silahkan jenis dan produk masker dipilih sesuai dengan jenis kulit Anda dan waktu yang Anda miliki.

6. Cukur rambut di wajah dengan benar
Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam perawatan kulit wajah pria adalah dengan mencukur rambut di wajah dengan baik dan benar, entah itu kumis ataupun jenggot. Meskipun bisa jadi menambah kesan manly, namun pertumbuhan rambut seperti jambang, jenggot, dan kumis yang tidak dirawat dengan baik dapat meningkatkan produksi minyak dan memerangkap kotoran. Sehingga hal tersebut menyebabkan kulit jadi mudah sekali berminyak dan berjerawat, apalagi jika jarang dibersihkan.

BACA JUGA:Buruan Kolektor! Edisi Terbatas Motor Legendaris Yamaha RX-R Adik dari RX-King

Mencukur rambut area wajah harus dilakukan dengan benar supaya tak menimbulkan iritasi kulit, jadi kulit tetap lembut sekaligus terlihat bersih. Cara melakukannya dengan benar, yaitu mencukurnya sesuai arah pertumbuhan rambut. Lakukan secara perlahan dan selalu cuci setiap gesekan agar tak melukai kulit.

Pemilihan krim dan alat cukur yang sesuai juga penting. Sebab, apabila alat cukur digunakan lebih dari 5-7 kali dan sudah karatan, maka alat tersebut justru berpotensi untuk melukai kulit dan menambah kuman dan bakteri di dalamnya.

7. Pertahankan Gaya Hidup Sehat
Tidak cuma perawatan dari luar, perawatan dari dalam diri juga penting untuk menjaga kulit lebih sehat. Perawatan dari dalam diri ini seperti, mengkonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, memiliki jam tidur yang cukup hingga menghindari rokok dan alkohol. Sebab, bukan rahasia lagi jika gaya hidup yang sehat dapat mempengaruhi penampilan tubuh dari luar, termasuk wajah.

BACA JUGA:5 Tips Mendapatkan Saldo DANA Gratis Dari Aplikasi Survey Online

Sederhananya, jika Anda memiliki jam tidur kurang dari 7-8 jam setiap harinya, tentu wajah Anda akan terlihat kuyu dengan lingkaran hitam yang melingkari mata. Meskipun dapat dihilangkan sementara waktu, lingkaran hitam ini akan tetap terus terlihat apabila Anda tidak menjaga gaya hidup yang sehat.

Perawatan kulit wajah adalah salah satu bentuk rasa mencintai diri sendiri yang seharusnya tidak hanya dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria. Sebab, kulit wajah yang tampak sehat dan segar tentunya tidak hanya akan menarik lawan jenis, tetapi juga memberikan kepuasan dan kebahagiaan untuk diri sendiri.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: