Mau Wajahmu Sehat Alami? Begini Cara Memakai Toner yang Benar

Mau Wajahmu Sehat Alami? Begini Cara Memakai Toner yang Benar

Produk ini mampu menyeimbangkan pH kulit karena mengandung Snow Mushroom Extract, Allantoin, dan Niacinamide. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Toner menjadi salah satu produk dari rangkaian basic skincare yang direkomendasikan untuk dicoba. Produk ini memiliki berbagai manfaat yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara pemakaian yang benar. Artikel berikut ini akan membahas tentang cara memakai Toner yang benar khusus untuk Anda!

Cara Memakai Toner yang Benar
Jangan sampai salah! Berikut adalah urutan cara memakai Toner yang benar agar produk terserap sempurna:

BACA JUGA:Begini Cara Mengolah Daging Kambing untuk Kesehatan

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu
Cara pemakaian toner yang benar adalah dipakai setelah membersihkan dan mencuci muka. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu wajah menggunakan micellar water sampai benar-benar bersih. Setelah itu, cuci muka dengan facial wash dan bilas.

Memakai pembersih dan mencuci muka sebelum mengaplikasikan toner gunanya supaya minyak serta kotoran dapat dibersihkan secara menyeluruh. Jika hanya menggunakan facial wash saja, pori-pori belum tentu bersih seluruhnya. Selain itu, fungsi toner adalah untuk menghidrasi kulit agar tak gampang kering.

2. Tuangkan Toner ke Kepas Secukupnya dan Usap ke Wajah
Setelah membersihkan wajah, selanjutnya aplikasikan face toner menggunakan kapas. Rangkaian skincare satu ini mempunyai tekstur cair seperti air sehingga pengaplikasikannya sebaiknya diusap ke wajah menggunakan kapas bersih agar bisa menjangkau sampai ke pori-pori.

Pengaplikasian seperti ini juga berlaku pada yang bentuknya spray. Jadi, caranya adalah dengan menyemprotkan secukupnya ke wajah, lalu usapkan kapas lembut dan tipis ke seluruh bagian muka. Setelah itu, diamkan sebentar agar produknya menyerap sempurna. Dalam tahapan ini, sebaiknya gunakan kapas sekali pakai agar lebih higienis. Usahakan pula tak memakai tisu karena cenderung kasar dan bisa melukai lapisan kulit.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Cara Mengolah Daging Sapi dengan Baik dan Benar

3. Lanjutkan Pemakaian Skincare
Pada tahap setelah mengaplikasikan toner sebagai basic skincare, Anda bisa melanjutkannya dengan mengaplikasikan rangkaian skincare lainnya, seperti moisturizer (pelembab). Moisturizer berfungsi untuk melembabkan sekaligus memaksimalkan fungsi toner itu sendiri. Jadi sebaiknya jangan dilewatkan, ya!

Pastikan Anda menggunakan moisturizer yang fokus untuk melembabkan kulit seperti Whitelab Mug Barrier Moisturizing Gel. Kandungan collagen dan niacinamide di dalamnya sangat berperan untuk menjaga keseimbangan minyak dan kelembaban.

Toner dan moisturizer merupakan skincare wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita untuk merawat kulit. Kedua basic skincare tersebut bagus untuk memantapkan skin barrier, menghidrasi maksimal, melembabkan, serta mencegah penuaan dini.

Pemakaian toner dapat dilakukan pada pagi dan malam hari. Anda dapat membaca artikel dari Smartalog berikut tentang urutan memakai skincare pagi agar mendapatkan hasil perawatan wajah yang maksimal.

BACA JUGA:Daging Rusa Terkenal Kelezatanya, Ini Dia Manfaat dan Risiko di Baliknya

Fungsi Toner untuk Wajah
Penggunaan toner sama pentingnya dengan rangkaian skincare lainnya karena memberikan fungsi pada wajah seperti berikut ini:

1. Menghidrasi Kulit Wajah
Fungsi facial toner yaitu untuk menghidrasi kulit agar tak mudah kering dan mengelupas. Terutama pada pemilik kulit kering yang cenderung sensitif, fungsi produk perawatan satu ini adalah menyeimbangkan kadar air. Supaya manfaat toner untuk menghidrasi lebih terasa, gunakanlah secara rutin setidaknya satu atau dua kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari. Saat malam hari, gunakanlah sebelum tidur supaya ketika bangun keesokan paginya, wajah tampak lebih segar, kenyal, serta tidak terlihat kusam.

Selain toner, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan essence untuk menghidrasi kulit wajah. Meskipun memiliki fungsi yang sama, essence dan toner juga memiliki perbedaan utama.Yang membedakan keduanya adalah dari cara pemakaiannya. Anda tidak memerlukan kapas untuk mengaplikasikan essence ke wajah.

BACA JUGA:Daging Rusa Terkenal Kelezatanya, Ini Dia Manfaat dan Risiko di Baliknya

2. Melembabkan Kulit
Selain menghidrasi, face toner juga berfungsi melembabkan kulit. Biasanya, setelah mencuci muka menggunakan facial wash, muka terasa kering dan terlalu kesat. Hal ini tentu saja rasanya tidak nyaman. Kulit yang kering mudah sekali mengelupas atau teriritasi. Maka dari itu, penggunaan toner sangat bagus untuk membantu menghidrasi sekaligus memberikan efek lembab pada wajah. Pada tipe oily skin, produk ini bisa membantu menyeimbangkan kadar minyak supaya tidak hilang lalu menyebabkan kulit kering.

3. Menyeimbangkan pH kulit
Perlu diketahui bahwa pH kulit bisa berubah-ubah karena terpengaruh oleh kondisi. Contohnya akibat pemakaian produk make up, kelebihan minyak, terkena polusi, dan lain sebagainya dapat mempengaruhi keseimbangan pH kulit. Cara mengatasinya salah satunya dengan mengaplikasikan facial toner karena derajat keasamannya tidak jauh berbeda dengan pH alami kulit. Salah satu rekomendasi produk yang bisa digunakan adalah You The Radiance White Essential Toner.

Produk ini mampu menyeimbangkan pH kulit karena mengandung Snow Mushroom Extract, Allantoin, dan Niacinamide. Kandungan tersebut cocok untuk melembabkan kulit terutama setelah melakukan eksfoliasi. Selain itu, produk ini juga direkomendasikan sebagai basic skincare untuk pemula, loh!

BACA JUGA:Doa Nabi Untuk Anak dan Amalan Mendidik Anak dari Buya Yahya, Agar Anak Berbakti dan Paham Agama

Jenis-jenis Toner
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua toner dapat digunakan setiap hari. Berikut ada beberapa jenis toner berdasarkan fungsi dan waktu penggunaannya:

1. Exfoliating Toner
Sesuai dengan namanya, exfoliating berarti proses pengangkatan sel-sel kulit mati atau kotoran. Dalam hal ini, berarti toner yang mengandung bahan aktif bertujuan untuk menghilangkan kulit mati, mengurangi kusam pada wajah, dan memperbaiki kerutan atau garis-garis halus.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan produk ini tidak bisa dilakukan setiap hari. Idealnya, Anda menggunakan produk exfoliating 1 s.d. 3 kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Namun, ada juga beberapa produk exfoliating yang bisa digunakan setiap hari, seperti Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner. Produk ini cukup aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif sekalipun.

BACA JUGA:Bolehkah Melaksanakan Sholat Taraweh Berbeda-beda Rakaatnya, Buya Yahya Tegaskan Ini

2. Hydrating Toner
Jenis berikutnya ini sangat tepat digunakan bagi Anda yang memerlukan kelembaban ekstra. Kandungan hydrating toner umumnya adalah hyaluronic acid, vitamin E, dan ekstrak lidah buaya. Ketiga kandungan tersebut berfokus untuk meningkatkan kelembaban pada kulit.

Produk ini bisa digunakan setiap hari. Anda pun bisa mengaplikasikannya tanpa kapas, loh! Salah satu rekomendasi hydrating toner terbaik adalah Nacific Fresh Herb Origin Toner 150 mL. Kandungan ekstrak Calendula dan sepicalm di dalamnya sangat membantu untuk menyeimbangkan kadar minyak dan air dalam kulit.

3. Clarifying Toner
Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, berjerawat, dan berpori-pori besar, Anda perlu menggunakan toner berjenis clarifying. Produk ini umumnya memiliki kandungan yang baik untuk membersihkan kotoran pada wajah penyumbat pori-pori.

BACA JUGA:Selain Menahan Lapar dan Haus, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Tujuan Lain Puasa Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: