Ketahui Cara & Prosedur Refund Hotel di Traveloka hingga Tiket.com

Ketahui Cara & Prosedur Refund Hotel di Traveloka hingga Tiket.com

Cara refund melalui Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat libur lebaran sistem pemesanan hotel bisa dilakukan lebih cepat dan praktis secara online. 

Bagaimana tidak? Sistem pemesanan online berkembang pesat baik dari segi aplikasi maupun fungsinya. 

Dikutip dari laman tirto.id setiap tahunnya, pangsa pasar pemesanan hotel dan tiket perjalanan online mencapai 63 persen dari 1,2 triliun dollar AS yang dihasilkan oleh industri perjalanan.

Sebut saja layanan pemesanan hotel seperti Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi, marak digunakan di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Ketiga aplikasi tersebut, menawarkan sejumlah kemudahan bagi para penggunanya, termasuk layanan pembatalan dan refund.

Dalam kondisi tertentu, pengguna ketiga layanan pemesanan hotel tersebut dapat mengajukan pembatalan dan pengembalian dana dari hotel yang sudah dipesan.

BACA JUGA:3 Waktu Doa yang Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah Beberkan Rahasianya

Proses pembatalan dapat dilakukan langsung dengan aplikasi dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk proses pengembalian dana. 

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara refund melalui Traveloka, Tiket.com, dan PegiPegi. Simak ulasan berikut ini. 

Traveloka

Pembatalan dan pengajuan refund hotel di Traveloka dapat dilakukan melalui website ataupun aplikasi Traveloka, dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka website atau aplikasi Traveloka
  • Login ke akun Traveloka
  • Pilih menu "Pesanan" lalu pada kolom "Atur Pesanan" klik "Refund"
  • Masukkan kata sandi untuk melanjutkan
  • Setelah membaca "Syarat & Ketentuan Refund" centang kotak untuk menyetujui, lalu klik "Langkah Selanjutnya"
  • Pilih kamar yang akan di batalkan, Klik "Lanjutkan"
  • Upload dokumen pendukung, klik "Ajukan Refund"

Pembatalan dan pengajuan refund dapat ditinjau melalui "Refund Saya" di menu "Akun Saya." Proses refund memakan waktu yang berbeda di tiap negara, yakni sekitar 14 hari kerja untuk pemesanan hotel di Indonesia dan 30 hari kerja untuk pemesanan hotel di luar negeri.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Cepat Lapar Saat Berpuasa

Tiket.com

Pembatalan dan pengajuan refund pemesanan hotel di Tiket.com dapat dilakukan melalui aplikasi Tiket.com, dengan cara:

  • Buka aplikasi Tiket.com
  • Buka "My Order" lalu tap ikon "Hotel"
  • Pilih pemesanan hotel yang ingin dibatalkan
  • Klik tombol refund
  • Pilih alasan refund, klik "Lanjutkan"
  • Baca "Syarat & Ketentuan" lalu centang kotak dan klik "Lanjutkan"
  • Tinjau kembali pemesanan yang ingin dibatalkan lalu klik "Lanjutkan"
  • Masukkan 4 digit kode OTP yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi
  • Status pemesanan akan berubah menjadi "Memproses Refund"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: