Simak Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah Arab, Latin, dan Artinya

Simak Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan doa orang yang menerima zakat-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika membayar zakat terdapat niat dan doa yang dibacakan, begitu pula penerima zakat. Penerima zakat juga memiliki doa yang dibacakan setelah menerima zakat. 

Lantas bagaimana bacaan doa orang yang menerima zakat? Simak artikel ini dan dapatkan informasi lengkapnya. 

Sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu secara ekonomi. Besarannya adalah satu sha’ atau setara dengan 2,5 kilogram makanan pokok.

Jika zakat fitrah dibayarkan dengan uang, nilainya harus disesuaikan dengan harga makanan pokok pada saat itu. Di Indonesia, misalnya, jumlah uang zakat disesuaikan dengan harga beras, sagu, dan makan pokok lain.

Zakat fitrah dengan besaran tertentu itu wajib dibayarkan kepada 8 golongan yang berhak. Orang yang membayarkan zakat, atau disebut muzaki, mesti membaca niat terlebih dahulu.

BACA JUGA:3 Waktu Doa yang Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan, Ustaz Khalid Basalamah Beberkan Rahasianya

Di sisi lain, orang yang berhak mendapatkannya, atau disebut mustahik, juga dianjurkan membaca doa menerima zakat fitrah.

Doa setelah menerima zakat fitrah dilafalkan sebagai wujud terima kasih serta harapan kebaikan untuk orang yang telah menunaikan zakat. 

Dalil anjuran untuk melafalkan bacaan menerima zakat fitrah ini termuat dalam At-Taubah ayat 103. 

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

khudz min amwâlihim shadaqatan tuthahhiruhum wa tuzakkîhim bihâ wa shalli ‘alaihim, inna shalâtaka sakanul lahum, wallâhu samî‘un ‘alîm

Artinya:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu [menjadi] ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Khalid Basalmaha Sarankan Perbanyak Ibadah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: