Simak Pengertian, Fungsi, dan Cara Cek Lokasi Rest Area Terdekat Secara Online

Simak Pengertian, Fungsi, dan Cara Cek Lokasi Rest Area Terdekat Secara Online

Rest area adalah fasilitas yang dapat dipergunakan oleh pengguna jalan tol untuk beristirahat-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu hal yang menjadi aspek terpenting dalam melakukan perjalanan saat mudik lebaran adalah rest area

Dikutip dari laman https://databoks.katadata.co.id/ berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada H-2 Lebaran, yaitu tanggal 8 April 2024, dengan jumlah pergerakan mencapai 13,74% dari total, atau sekitar 26,6 juta pergerakan.

Sementara itu, puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+3 Lebaran, yaitu Minggu, 14 April 2024, dengan jumlah pergerakan mencapai 21,16% dari total, atau sekitar 40,99 juta pergerakan.

Saat mudik, penting untuk selalu beristirahat di rest area terdekat ketika merasa lelah. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan stamina selama perjalanan.

Lantas apa itu rest area, apa fungsi dan bagaimana cara cek rest area terdekat secara online? Yuk, simak informasi di bawah ini 

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Mengkonsumsi Beras Organik bagi Kesehatan

Apa Itu Rest Area?

Rest area adalah fasilitas yang dapat dipergunakan oleh pengguna jalan tol untuk beristirahat. Rest area juga dikenal dengan istilah TIP yaitu Tempat Istirahat dan Pelayanan. 

Jadi, pengguna jalan tol saat berada di rest area tidak hanya dapat beristirahat namun juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang lain karena ada beragam fasilitas yang disediakan di dalamnya. 

Contohnya seperti makan, beribadah, buang air besar/kecil, refreshing, berbelanja, mengisi bahan bakar minyak, dan lain-lain.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa rest area terbagi menjadi menjadi beberapa tipe sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya. 

Oleh karena itu, antara satu rest area dengan rest area yang lain bisa memiliki perbedaaan terkait kelengkapan fasilitas yang disediakannya.

BACA JUGA:Mitos yang Membuat Anda Tidak Berhenti Merokok!

Apa Fungsi Rest Area?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: