Awas Gangguan Kecemasan, Simak 5 Tips Hadapi Kesulitan Finansial Usai Lebaran

Awas Gangguan Kecemasan, Simak 5 Tips Hadapi Kesulitan Finansial Usai Lebaran

Tips menghadapi kesulitan finansial usai Lebaran-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hampir setiap tahun semua msayarakat Indonesia khususnya umat muslimakan mendapati masalah keuangan setelah usai menjalani moment bersama keluarga. 

Pasalnya saat lebaran, kita biasanya tidak sadar akan pengeluaran uang selama masa lebaran dan cenderung abai. Hal inilah yang akan menimbulkan masalah karena tida mengontrol keuangan yang keluar saat lebaran. 

Nah, agar tidak menghadapi kesulitan finansial usai Lebaran maka dibutuhkan pengelolaan uang dengan baik.

Berkumpul bersama keluarga di Hari Lebaran biasanya diselingi juga dengan bertukar kabar. Kendati begitu, tidak jarang momen bertukar kabar justru memunculkan pertanyaan yang menimbulkan rasa cemas dengan kondisi finansial.

Kondisi ini disebut dengan financial anxiety. Financial anxiety merupakan perasaan takut, khawatir, atau cemas yang bisa mempengaruhi kondisi psikologis seseorang yang bermula dari tidak adanya persiapan dalam menghadapi pengeluaran.

BACA JUGA:Inspirasi Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang Agar Terlihat Cerah

Lantas, bagaimana cara menghadapi kesulitan finansial usai Lebaran? Artikel ini akan memberikan cara bagaimana menghadapi hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini. 

Sebagian orang  yang mengalami financial anxiety mungkin merasa khawatir, stres, dan tidak nyaman dengan keadaan keuangan mereka. Perasaan-perasaan itu bisa memicu, depresi, cemas, dan insomnia.

Tidak jarang pula ketika kumpul bersama keluarga, kerabat sering mengucapkan pertanyaan sensitif seputar keuangan kepada anggota keluarga yang lebih muda.

Meski maksud pertanyaan yang dilontarkan sebenarnya memiliki tujuan baik yaitu untuk menjalin hubungan lebih dekat dan mengetahui kabar serta kondisi anggota keluarga. Namun, memang kalimat yang digunakan seringkali menyinggung ranah personal dan membuat orang yang ditanyakan menjadi tidak nyaman. 

Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk merencanakan keuangannya dengan baik. Berikut ini tips menghadapi kesulitan finansial usai Lebaran.

BACA JUGA:Asal Usul Tradisi Baju Baru Jelang Lebaran, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

1. Susun rencana keuangan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun rencana keuangan. Overspending atau pengeluaran yang berlebihan tidak jarang membuat hati cemas bahkan tidak fokus. Maka itu, diperlukan untuk menyusun rencana keuangan yang efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: