Tambah Pahala, Ini Dia 4 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

Tambah Pahala, Ini Dia 4 Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

Amalan-amalan yang bisa menambah pahala kita ketika hari raya Idul Fitri-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat lebaran Idul Fitri sholat Eid merupakan ibadah yang sunnah untuk dilakukan namun sayang untuk dilewatkan.

Nah, sebelum melakukan shalat Eid ada beberapa amalan sunnah yang bisa diamalkan di antaranya adalah mandi, makan, hingga memilih rute berangkat dan pulang usai shalat.

Sudah dijelaskan sebelumnya, hukum shalat idul fitri menurut jumhur (kebanyakan) ulama dari mazhab Syafi'i dan Maliki, adalah sunnah. 

Dalam Islam, shalat wajib hanyalah shalat 5 waktu belaka, yaitu shalat subuh, zuhur, asar, maghrib dan isya'. Sementara itu, shalat Eid, baik Idul fitri maupun Idul Adha ditempatkan sebagai shalat sunnah.

Sementara itu, terdapat pendapat lain dari Mazhab Hanbali bahwa shalat Eid hukumnya fardu kifayah. Maksudnya, jika ada serombongan orang yang melakukan shalat id, maka kewajiban mengerjakan shalat id tersebut gugur (bisa tidak dilakukan) bagi yang lain.

BACA JUGA:Bolehkah Menjual Makanan di Siang Hari pada Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Nabi Muhammad saw. menganjurkan agar seluruh umat Islam di sebuah wilayah berpartisipasi dalam shalat Eid. Diriwayatkan dari Ummu 'Athiyah, ia berkata,

"Rasulullah saw. memerintahkan kami supaya menyuruh keluar para wanita yang terpingit dalam rumah untuk keluar pada hari raya Id". Lalu ditanyakanlah perihal wanita haid. Nabi menjawab, "Hendaknya ia menyaksikan kebaikan pada hari itu dan juga doa kaum Muslimin." (H.R. Abu Dawud)

Diriwayatkan juga oleh Anas bin Malik, “orang-orang Jahiliyah mempunyai dua hari dalam setiap tahun untuk bermain-main. Setelah Rasulullah saw. datang ke Madinah, beliau saw. bersabda, “kalian dulu mempunyai 2 hari untuk bermain-main, sungguh Allah telah menggantinya dengan yang lebih baik dari keduanya, yakni hari (raya) Fitri dan hari (raya) Adha (kurban)" (H.R. Nasai).

BACA JUGA:Gara-gara Ini, Doa Tidak Akan Terkabul, UAH: Meskipun Sholat Tahajud Sampai Menangis di Bulan Ramadhan

Daftar Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri

Sebelum melaksanakan shalat idul fitri, terdapat beberapa hal sunnah yang dapat dikerjakan seorang muslim, berikut diantaranya.

1. Mandi 

Diriwayatkan bahwa Abdullah bin Umar biasa mandi pada hari idul Fithri sebelum berangkat. Mandi yang dilakukan adalah mandi sunnah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: