Bolehkah Ibu Hamil Mudik Lebaran? Begini 6 Tips Aman Yang Bisa Dilakukan

Bolehkah Ibu Hamil Mudik Lebaran? Begini 6 Tips Aman Yang Bisa Dilakukan

Tips bagi ibu hamil yang hendak mudik lebaran 2024-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mudik sudah menjadi tradisi rutin setiap tahun yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Bagi ibu hamil perjalanan selama mudik menjadi suatu tantangan tersendiri dan tentunya membutuhkan persiapan yang matang. 

Meski bepergian selama kehamilan relatif aman, sebelum Ibu hamil memutuskan untuk mudik Lebaran, ada baiknya sudah mendapatkan izin dari dokter kandungan.

Umumnya dokter membolehkan ibu hamil melakukan perjalanan jauh jika tidak ada komplikasi atau masalah selama masa kehamilan.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat mudik Lebaran karena harus menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan banyak waktu.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Jenis Keju yang Populer Dikonsumsi

Untuk transportasi yang digunakan sebaiknya ibu hamil menggunakan transportasi darat dan mudik pada trimester kedua kehamilan yaitu dari 14 hingga 28 minggu.

Sedangkan pada trimester ketiga tidak dianjurkan untuk bepergian melebihi jarak 500 km dari rumah. Hal tersebut dapat menyebabkan potensi bahaya seperti tekanan darah tinggi, flebitis, dan lahir prematur.

Selain itu, maskapai penerbangan juga tidak memperbolehkan Ibu hamil dengan usia 36 minggu untuk melakukan perjalanan domestik dan setelah 28 hingga 35 minggu untuk perjalanan internasional.

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tetap dapat melakukan mudik dengan lancar tanpa perlu rasa khawatir. Berikut beberapa tips yang dapat diperhatikan selama melakukan perjalanan mudik dilansir dari laman Parents:

BACA JUGA:Raih Malam Lailatul Qadar dengan 2 Amalan Ini, Ustaz Adi Hidayat: Bonus Dosa Diampuni

1. Konsultasi Dengan Dokter Terlebih Dahulu 

Sebelum melaksanakan perjalanan mudik, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: