Simak Etika Non Muslim yang Baik Terhadap Orang yang Berpuasa

Simak Etika Non Muslim yang Baik Terhadap Orang yang Berpuasa

Selama bulan ramadhan dari tahun ketahun di tahun 2024 muncul fenomena di media sosial dengan sebutan istilah war takjil-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan ramadhan dari tahun ketahun di tahun 2024 muncul fenomena di media sosial dengan sebutan istilah war takjil

Apa itu war takjil? Istilah ini merupakan gabungan dari 2 bahasa yakni War artinya perang (bahasa Inggris) dan takjil yang dalam bahasa Indonesia adalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

War Takjil yakni kegiatan berburu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Biasanya, war takjil dimulai pada waktu sore hari hingga 30 menit menjelang berbuka puasa tiba.

Masyarakat muslim hingga non muslim akan berantusias mengikuti "War takjil" mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa maupun hanya sekedar memuaskan lidah.

Bahasa gaul ini terbilang baru populer di Ramadhan tahun ini, karena banyaknya unggahan timline di berbagai platform sosial media mengenai orang-orang yang berebut membeli takjil.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Jenis Keju yang Populer Dikonsumsi

Namun, bagaimana jika Anda bukan seorang Muslim dan hanya seorang yang peduli dan penuh perhatian? Adakah yang harus dilakukan agar tidak terlihat tak peka terhadap teman-teman yang berpuasa Ramadhan di sekitar atau bahkan di negara lain? 

Tentu sebagai non muslim ada beberapa sikap yang bisa dilakukan untuk menghadapi fenomena yang satu ini agar dapat menghargai umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa, berikut diantaranya: 

1. Beri Ucapan Ramadan

Sebagai seorang teman, nonmuslim dapat mengucapkan "Ramadan Mubarak" yang artinya Selamat Ramadan kepada teman Muslim.

Memberi ucapan ini adalah cara yang ramah untuk menyampaikan perasaan baik kepadanya.

2. Boleh Makan di Depan Orang yang Berpuasa

Orang muslim akan menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Mereka akan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan dan minum. Tenang saja, nonmuslim tidak perlu sungkan dan tetap bisa makan di depan orang muslim yang berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: