Sering Diabaikan Kaum Pria, Berikut Dampak Langsung Merokok Saat Berbuka

Sering Diabaikan Kaum Pria, Berikut Dampak Langsung Merokok Saat Berbuka

Umum dilakukan oleh kaum laki-laki setelah lebih dari belasan jam berhasil menahan haus dan lapar biasanya akan berbuka dengan merokok-freepik.com -

Tidak hanya merusak jantung, kandungan nikotin yang terdapat pada rokok juga sangat berbahaya untuk kesehatan paru-paru. 

Nikotin akan terendap di dalam paru-paru yang mengakibatkan organ satu ini berubah warna menjadi kehitaman. Dalam kondisi akut, endapan nikotin ini bisa mengakibatkan paru-paru berhenti bekerja.

  • Meningkatkan Risiko Kanker Kulit

Rokok mengandung berbagai zat yang sangat berbahaya bagi tubuh jika diserap secara berlebihan. Apabila kamu langsung merokok ketika berbuka, jumlah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kamu akan mengalami peningkatan secara signifikan. 

Pasalnya, tubuh akan memproduksi radikal bebas ketika kamu berpuasa, karena produksi hormon endogen yang terbatas sebagai akibat dari kurangnya asupan makanan saat puasa.

Radikal bebas ini akan menyebabkan sel-sel kulit tubuh mengalami kerusakan. Pada akhirnya, kulit kamu akan lebih cepat berkeriput dan mengalami perubahan warna menjadi lebih kusam.

Tubuh kamu pun akan lebih berisiko terserang penyakit kanker kulit.

BACA JUGA:Cegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran! Berikut 10 Rekomendasi Obat Ampuh Mabuk Perjalanan

  • Asam Lambung Meningkat

Tak hanya jantung, paru-paru, dan kulit, merokok juga ternyata sangat tidak baik untuk lambung. Ini disebabkan karena kandungan zat beracun yang terdapat dalam rokok akan mengikis lapisan lambung. 

Akibatnya, enzim pencernaan tidak mampu berfungsi dengan baik. Kondisi ini akan membuat lambung kesulitan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. 

Pada kondisi lambung yang telah terinfeksi bakteri H-Pylori, merokok ketika berbuka akan menyebabkan terjadinya tukak lambung.

Demikian informasi mengenai beberapa dampak kesehatan yang akan kamu rasakan apabila langsung merokok ketika berbuka.

Dengan mengetahui dampak dari langsung merokok saat berbuka, sebaiknya jika berbuka makanlah makanan sehat tanpa harus merokok, karena merokok tidak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga membantu, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: