Pengrajin Akar Legetay

Pengrajin Akar Legetay

\"DSC_0164\"BINDURIANG, BE - Kerajinan akar legetay menjadi salah satu aktivitas yang cukup membantu Sudir (23) warga Desa Air Apo Kecamatan Binduriang menambah penghasilan.

Selain pekerjaan utama sebagai petani.  Kerajinan akar kayu legetay dilakoni Sudir seiring permintaan kayu Legetay yang cukup diminati, karena memiliki bentuk yang unik sebagai penghias rumah dan ruangan.

Akar kayu legetay diambil Sudir dengan memasuki kawasan perkebunan, rawa bahkan hutan. \"Terkadang seharian hanya dapat satu akar kayu legetay, untuk selanjutnya kami bawa pulang,\'\' papar Sudir.

Akar kayu legetay selanjutnya diproses lebih lanjut, dibersihkan, dicuci dan dijemur hingga kering.  Agar bentuk akar lebih halus, Sudir mengamplas akar kayu tersebut sebelum siap dipelitur dan dicat.

  Selanjutnya dibentuk sesuai keinginan. \"Kalau sudah berbentuk, bisa dipasang daun palsu yang terbuat dari plastik, agar tampak hidup mirip tanaman asli,\" terang Sudir.

Hasil kerajinan tersebut, selanjutnya dijual, Sudir mengaku karyanya itu pernah dijual dengan harga Rp 1 juta, tidak sia-sia kegiatan kerajinan yang sudah dilakukannya selama berhari-hari tersebut.

\"Kalau hasil pertanian sedang tidak ada musim panen, sambil menunggu kita lakukan pekerjaan ini, lebih bisa menghasilkan, halal dan bermanfaat uangnya untuk memenuhi kebutuhan anak dan istri saya,\" ungkap Sudir. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: