Benarkah Puasa Dapat Tingkatkan Imun Pengidap TBC, Simak Penjelasan Berikut

Benarkah Puasa Dapat Tingkatkan Imun Pengidap TBC, Simak Penjelasan Berikut

Pengidap TBC yang menjalani puasa mengalami perubahan pada pola makan dan juga kualitas makanan yang dikonsumsi-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu penyakit yang mendapatkan dampak manfaat dari menjalankan puasa adalah TBC.

Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui jika momen puasa Ramadan sering dikaitkan menjadi faktor membaiknya imun tubuh pengidap TBC. 

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan selama menjalani ibadah puasa, kuman penyebab penyakit tuberkulosis, Mycobacterium tuberculosis berhasil terbunuh secara perlahan. 

Dikutip dari laman halodoc.com pengidap TBC yang menjalani puasa mengalami perubahan pada pola makan dan juga kualitas makanan yang dikonsumsi. Dalam hal ini puasa yang dijalankan bisa disebut sebagai stressor. 

Nah, perubahan pola makan dan kebiasaan sehari-hari selama puasa ramadhan dapat membuat tubuh merespons terhadap imun orang dengan TBC. Namun untuk Informasi lebih jelasnya mengenai puasa dan pengidap TBC yuk simak penjelasan berikut. 

BACA JUGA:Agar Ibu Hamil Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan, dr Zaidul Akbar Bagikan Tipsnya

Lalu Bagaimana Pengidap TBC Berpuasa?

Ada bermacam respons tubuh yang terjadi saat puasa mulai dari perubahan endokrin, perubahan sistem saraf serta perubahan sistem imun baik seluler maupun humoral. 

Dengan menjalankan ibadah puasa, sistem imun merespons dan bersiaga secara fisiologis yang ditandai dengan optimalnya kondisi sistem imun pada pengidap TBC.

Kondisi ini menghambat adanya infeksi tuberkulosis pada bagian tubuh yang sehat lainnya. Puasa juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan pertahanan tubuh. Lantas, bagaimana pengidap TBC berpuasa? 

Pengidap TBC masih diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa meskipun harus mengonsumsi obat setiap hari. Caranya dengan mengganti jadwal pengkonsumsian obat. 

BACA JUGA:Ingin Minuman Sehat dan Menyegarkan Saat Buka Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Jika sebelumnya pengidap TBC mengonsumsi obat pada pagi hari, bisa saja selama menjalankan ibadah puasa, mengonsumsi obat pada malam hari atau sesaat sebelum buka puasa.

Selain itu, sebaiknya perhatikan konsumsi makanan yang dikonsumsi pengidap TBC ketika berbuka ataupun sahur. Sebaiknya hindari masalah kekurangan gizi ketika menjalani ibadah puasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: