Kesal Masih Harus WFH Saat Lebaran? Begini Tips Bekerja di Rumah Menjadi Lebih Produktif

Kesal Masih Harus WFH Saat Lebaran? Begini Tips Bekerja di Rumah Menjadi Lebih Produktif

WFH menjadi pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja termasuk pada hari libur seperti hari raya Idul Fitri.-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini pekerjaan bisa dilakukan di mana saja seperti dirumah atau dikenal dengan istilah WFH

WFH menjadi pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja termasuk pada hari libur seperti hari raya Idul Fitri. Alhasil, para pekerja di Indonesia banyak yang masih disibukkan dengan pekerjaan sekitar hari raya Idulfitri.

Aktivitas seperti ini menjadi salah satu tantangan, Pasalnya bekerja di saat libur Lebaran tampaknya menjadi sebuah tantangan yang cukup berat bagi banyak orang. 

Sebab biasanya kita tengah menikmati waktu liburan dan berkumpul dengan keluarga. Namun, buat kamu yang masih harus WFH saat Lebaran, ada beberapa tips yang bisa membantu agar tetap produktif.

BACA JUGA:Ini Dia Aplikasi Mudik Lebaran yang Wajib Kamu Install Sebelum Mudik 2024

  • Pilih Lokasi Kerja

Cobalah untuk menemukan sendiri tempat yang dikhususkan untuk bekerja. Pastikan juga tempat itu nyaman, dan bisa buat kamu konsentrasi saat bekerja. Hindari bekerja di atas kasur, karena ini akan mengganggu produktivitas. 

Bekerja pada sebuah tempat khusus membuat kamu tetap melakukan tugas dan tidak terganggu. Kau bisa melakukannya di rumah, cafe dan berbagai tempat menarik lain yang bisa meningkatkan moodmu dalam bekerja

  • Tetap Terhubung dengan Teman 

Kamu mungkin lebih mudah untuk menjadi produktif tanpa rekan kerja yang banyak bicara. Namun, interaksi sosial seperti dengan rekan kerja dapat mengurangi perasaan terisolasi dan kesepian. 

Untuk membantu mengisi kesepian, sebaiknya kamu tetap terhubung dengan kolega kamu, bisa dengan video call atau pesan teks.

BACA JUGA:Benarkah Puasa Sebebkan Kurang Fokus? Cek dan Simak Faktanya

  • Buat Rencana

Ketika bekerja, kamu juga harus menjaga jadwal harian yang lebih terstruktur dari biasanya. Sebab biasanya jadwal kita dipengaruhi oleh orang lain.

Coba buat rencana aktivitas harian, dan kamu bisa menyelinginya dengan aktivitas lain, seperti berbelanja, berjemur, menonton film, dan sebagainya. 

  • Buat Rutinitas Pagi

Ini adalah kunci untuk membuat work from home terasa lebih mudah. Jangan gampang memulai pekerjaan dan pastikan kamu mendapatkan me-time. 

Bangun, mandi, dan mulailah beraktivitas. Jangan langsung buka e-mail saat bangun tidur. Terpenting, buat rencana kegiatan pada malam sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: